ANALISIS FAKTOR PENENTU DAYA SAING UMKM BATIK KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1849Keywords:
Batik, Daya Saing, Inovasi, UMKMAbstract
Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam pembangunan ekonomi. Untuk mampu bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat, UMKM perlu memiliki keunggulan kompetitif dengan menciptakan inovasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis variabel penentu daya saing dalam meningkatkan inovasi yang berperan dalam keunggulan bersaing UMKM batik Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Data didapatkan melalui proses wawancara dengan menggunakan kuesioner tertutup. Hasil menunjukkan bahwa daya saing UMKM batik Kota Tasikmalaya secara langsung dipengaruhi oleh orientasi produk dan orientasi pasar. Kedua faktor tersebut secara tidak langsung mempengaruhi daya saing melalui strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi menjadi penting agar UMKM dapat bertahan di tengah persaingan. Diferensiasi menjadi faktor kunci bagi terciptanya inovasi produk. UMKM yang memiliki karakteristik unik dinilai dapat mempertahankan keberlanjutan usahanya.References
Aini, E. K., D.C. Long Shen., A.M. Musadieq., dan Handayani, S.R. 2013. The Role of Innovation Capability on Business Performance at Small Medium Enterprises. Jurnal Profit, 7(1), 101-111.
Asyhari, S., H. Pudjihastuti., dan Kurdaningsih, D.M. 2015. Peran Mediasi Keunggulan Kompetitif pada Faktor Determinan Kinerja Bisnis UKM di Sentra Tenun Batik di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 22(2),111-131.
Cahyono, K., dan Suhada, B. 2016. Pengaruh Pemberian Kredit, Kemampuan Manajerial dan Diferensiasi Produk terhadap Kinerja UMKM di Kota Metro. Derivatif 10(1), 1-10.
Calantone, R. J., D. Kim., J. Schmidt., dan Cavusgil, S.T. 2006. Investigating the Relationship between Strategic Orientation and Firm ' s Performance Considering the Intermediary Role of Business Strategy. Journal of Management Sciences, 1(8), 152-157.
Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat. 2016. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat. Juli 6. Accessed Maret 2, 2019. http://diskumkm.jabarprov.go.id/index.php/news/bintek-kab-tasikmalaya.
Fadhila dan Cahyono. 2017. Pembuatan WebGIS Untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Blitar. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 2337-352.
Ferdinand, A. 2003. Keunggulan Differensiasi dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Bisnis Strategi, 12(1), 1-18.
Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square Ed ke-2. Semarang: BP Undip.
Hughes, M., dan R.E. Morgan. 2007. Deconstructing the Relationship between Entrepreneurial Orientation and Business Performance at the Embryonic Stage of Firm Growth. Industrial marketing management 36(5), 651-661. doi: https://doi.org/10.1016/ j.indmarman.2006.04.003.
Iong, I.A., dan Sugiharto, S. 2013. Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2),1-11.
Jogiyanto, H. M., dan W. Abdillah. 2009. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi
Latan, H., C. J. Jabbour., dan Jabbour, A.B. 2018. Whistleblowing Triangle’: Framework and Empirical Evidence. Journal of Business Ethics 1(16). doi: 10.1007/s10551-018-3862-x
Maesaroh, S.S. 2020. Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Tasikmalaya melalui Pemanfaatan System Informasi Geografis (SIG). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 11(1), 61-74.
Meutia. 2013. Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Menengah melalui Adaptabilitas Lingkungan Bisnis dan Aksesibilitas Dukungan Pemerintah. Makalah dipresentasikan dalam Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan, Universitas Tirtayasa Banten, 2012.
Mulyanto, H., dan Sugiarti, S. 2017. Aset Strategik, Adaptabilitas Lingkungan dan Organizational Citizenship Behavior dalam Mempengaruhi Daya Saing serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan 13(2), 101-112.
Nur, N., Surachman., U. Salim., dan Djumahir. 2014. Entrepreneurship Orientation, Market Orientation, Business Strategy, Management Capabilities on Business Performance: Study at Small And Medium Enterprise Printing In Kendariâ€. International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online) 3(12):8-15.
Nurainun, Heriyana, dan Rasyimah. 2008. Analisis Industri Batik di Indonesia. Fokus Ekonomi, (FE), 124 – 135.
Porter, M. E. 2008. Keunggulan Bersaing, cetakan kedua, terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Purnama, N. B., dan Setiawan, H. 2003. Analisis Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Bersaing Bidang Pemasaran terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 2(8), 105-130.
Rahayu, N. S., dan Purwani, K. 2012. Strategy of Enhancing the Competitiveness of Leather ’S SMEs: Study in Manding Yogyakarta. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 1(2), 129-134.
Sarwoko, E. 2008. Kajian Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Small Business. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 4(3), 226-239.
Setyawati., dan H. Abrilia. 2013. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen). Jurnal Fokus Bisnis, 12(02), 20-32.
Sutopo., dan Sutono. 2004. Pengaruh Perilaku Etis dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Penjualan. Jurnal Bisnis Strategi, 13 (1), 171-189. doi: https://doi.org/10.14710/jbs.13.2.171-189.