PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PUNISHMENT TERHADAP KUALITAS LAYANAN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN DEALER HONDA NUSANTARA SAKTI SUMBAWA BESAR)

Ryfal Ananda Putra, Bambang Budiantono, Zulkifli Zulkifli, Yekti Intyas Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Budaya Organsasi Dan Punishment Terhadap Kualitas Layanan Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. Tehnik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah sensus, dengan sample 35 responden yang merupakan karyawan Dealer Honda Nusantara Sakti Kota Sumbawa Besar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS for Windows smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Budaya organisasi berdampak terhadap disiplin kerja, (2) Dengan semakin kuat punishment maka dapat meningkatkan disiplin kerja. Demikian sebaliknya, apabila punishment menurun maka dapat menurunkan disiplin kerja, (3) Budaya organisasi tidak berdampak pada kualitas layanan, (4) Punishment berdampak terhadap kualitas layanan, (5) Disiplin kerja yang semakin tinggi akan meningkatkan kualitas layanan. Demikina sebaliknya, apabila disiplin kerja menurun kualitas layanan juga menurun, (6) Disiplin kerja memediasi hubungan budaya organisasi terhadap kualitas layanan. Dengan adanya disiplin kerja sebagai mediasi bisa meningkatkan kualitas layanan karyawan, (7) Disiplin kerja tidak memediasi punisment terhadap kualitas layanan.


Keywords

Budaya Organisasi, Punishment, Kualitas Layanan, Disiplin Kerja.

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

Anoraga, P. (2009). Psikologi dalam perusahaan. Jakarta: Rineka Utama

Anwar, & Dunija, T. (2016). Pengaruh Sistem Reward dan Punishment Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Karyawan PT.Tunggal Perkasa Plantation-3 Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Serambi Akademica.

Arik Irawanti. 2016. Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Kasus Pada Bmt Lima Satu Sejahtera Jepara)

Biatur Rosyidah, 2018, Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja

Doelhadi, E. M. (2001). Kerja dalam dimensi tinjauan psikologis. Jurnal Psikologi, 3(1), 27–40.

Elsa Vosva Sari. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta. Jurnal Ekonomi.

Eugene, McKenna. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Faizal Hidayat. 2018. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening di Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2009). Manajemen sumber daya manusia (7th ed.). Jakarta: Bumi Aksara Karyawan Di Bank Bri Syariah Cabang Ponorogo.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2004). Principles of marketing (10th ed.). New York: Pearson Prentice Hall.

Lestari, A. W., & Firdausi, F. (2016). Pelaksanaan Sistem Reward dan Punishment Di Lingkungan Kementerian Keuangan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai (Studi Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara/KPPN, Kudus). Reformasi E-ISSN 6(1), 66-75.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mathis L. Robert dan Jackson H. John, 2000, Human Resource Manajement, Edisi 12, Thomson South-Western. Diterjemahkan oleh Sadeli

Muhammad Luhung Pribadi, Benny Herlena, 2016, Peran Budaya Organisasi terhadap Disiplin Kerja Karyawan Direktorat Produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Cilegon

Robbins S.P. dan Judge. 2002. Perilaku Organisasi, Jakarta : Salemba Empat.

Sastrohadiwiryo, B. S. (2003). Manajemen tenaga kerja Indonesia (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, Sondang. P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Siahaan, R. (2013). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III Rambutan. Jurnal Ilmiah Business Progress 1(1), 17-26.

Tampubolon, P. Manahan, 2004, Prilaku Keorganisasian (Organization Behavior), Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.

Werther, W.B., and Davis, K. 1996. Human Resources and Personnel Management. 5th ed. New York: MacGraw Hill, Inc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.