EVALUASI KEGIATAN PEMASANGAN TAPPING BOX DALAM RANGKA MENUNJANG IMPLEMENTASI PAJAK ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1859Keywords:
Tapping Box, Pajak Online, Pajak DaerahAbstract
Potensi pajak di Kota Malang sangatlah besar sehingga diperlukan sistem pajak online untuk memberikan pelayanan prima di sektor perpajakan. Salah satu inovasi pelayanan di bidang perpajakan untuk menunjang implementasi pajak online adalah kegiatan pemasangan tappingbox. Pendekatan kualitatif digunakan dengan menggunakan interview, documentation, dan observation dalam mengumpulkan data. Dalam riset kebijakan ini, peneliti menggunakan teknik deskriptif evaluatif. Dimana diperoleh hasil bahwa kegiatan Pemasangan Tapping Box telah dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah bekerjasama dengan Bank Jatim dan CV. Subaga. Bapenda telah merealisasikan 85% target yang diminta oleh KPK yaitu dengan melakukan pemasangan 210 alat tapping tax pada wajib pajak restoran, hotel, parkir dan tempat hiburan. Namun pencapaian ini masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah Wajib Pajak yang terdaftar. Selain itu ditemui pula beberapa permasalahan yang dihadapi seperti ketidaksingkronan database, peralatan wajib pajak yang tidak up to date,adanya persaingan antar vendor sehingga proses konfigurasi tidak bisa segera dilakukan, tapping printer yang tidak bisa digunakan dan minimnya teknisi IT yang dimiliki oleh CV Subaga.References
Deska Riska Fauzi (2019) Penggunaan tapping box dalam upaya penanggulangan tindak pidana korupsi pajak daerah. http://digilib.unila.ac.id/60422/
Indrajit, Ricardus Eko (2014). Electronic Government. Yogjakarta : Andi Offset
Krisnanda Restu Fajar (2017) Analisis implementasi tapping box padapajak restoran di Kota Bogor.http://152.118.24.168/detail?id=20457298&lokasi=lokal# parent Horizontal Tab5 di akses 2020
Larasati, DC. (2019) Analisis Elemen Sukses E-Government dalam Implementasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) Kota Malang. Seminar Nasional The 2nd Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH). Universitas Widyagama Malang. Malang, 2 Oktober 2019. Tersedia pada : https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/viewFile/1091/894
Mahmudi (2010). Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta : Erlangga
Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Marlia Eka Putri A.T2 2019. Pengawasan pemerintah kota bandar lampung Terhadap kebijakan tapping box untuk meningkatkan Hasil pajak restoran-Jurnal Akuntansi Universitas Lampung di akses tahun 2020
Muhibudin Wijaya Laksana. (2015), Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia, Bandung
Mukarom Zainal, (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Puastaka Setia
Siahaan, Marihot P. (2016). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta : Rajawali Press
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Scanning). Bandung : Alfabeta
Widodo, Joko. (2017) Analisis Keijakan Publik, Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan