PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PADA SITUASI PANDEMI COVID-19

Authors

  • Alisa Balqis Awali
  • Siti Rahmawati
  • Lindawati kartika

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1862

Keywords:

analisis deskriptif, kinerja, motivasi, standard equation modelling- partial least square, tugas akhir

Abstract

Perguruan tinggi menjadi fasilitator keberhasilan Indonesia dalam mencapai kesuksesan SDGs di Indonesia, karena berperan dalam mengedukasi pemimpin masa depan melalui ilmu pengetahuan, penelitian dan inovasi. Pada Maret 2020, WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global. Salah satu sektor yang terdampak menjadi potential losers yaitu sektor pendidikan. Perguruan tinggi selama pandemi covid-19 menghentikan pembelajaran tatap muka dan diganti dengan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang motivasi, dan kinerja penyelesaian tugas akhir serta menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja penyelesaian tugas akhir situasi pandemic covid-19. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM PLS. Hasil persepsi mahasiswa mengenai motivasi dan kinerja memiliki kategori rendah dan tinggi. Selain itu hasil menyatakan need for achievement dan need for affiliation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sedangkan need for power memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja.

References

Almalki, S. (2019). Influence of Motivation on Academic Performance among Dental College Students. 7(8):1374–1381. https://doi.org/10.3889/oamjms

Annur, M., dan Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 6356:195-201.

Ariani, D. W. 2016. Why Do I Study? The Mediating Effect of Motivation And Self Regulation On Student Performance. Business, Management and Education. 14(2): 153–178. doi:10.3846/bme.2016.329

Bappenas. (2015). Pendidikan Berkualitas [Online]. Tersedia pada: https://sdgs.bappenas.go.id/ [15 Agustus 2020]

Bentler, P., dan Chou, C. (1987). Practical Issues in Structural Modeling. Sociological Methods and Research, 78-117.

Dcode Economic & Financial Consulting. (2020). Potential Winners & Losers In The Short Term In Egypt [Online]. Tersedia pada: https://dcodeefc.com/infographics/ [16 Agustus 2020]

El-Seoud, M. S., Taj-Eddin, I., Saddiek, N., El-Khouly, M., dan Nosseir, A. (2014). E-Learning and Students’ Motivation: A Research Study on the Effect of E-Learning on Higher Education. The International Conference on E-Learning in the Workplace 2013 (ICELW 2013). Kazan/Russia. 14 Juni 2014

Ghozali, I., dan Latan, H. Partial Least Square Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2015.

Hakim, L. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Operator Produksi PT Alam Lestari Unggul. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.

IPB. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir Mahasiswa Edisi Ke-4. Bogor: Penerbit IPB Press, 2019.

KEMENDIKBUD. (2019). Ringkasan Statistik Pendidikan Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2020). Himbauan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi untuk dapat berbagi/sharing materi pembelajaran daring dengan membuka akses pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) [Online]. Tersedia pada: http://www.dikti.go.id/pengumuman/himbauan-kepada-pimpinan-perguruan-tinggi-untuk-dapat-berbagi-sharing-materi-pembelajaran-daring-dengan-membuka-akses-pembelajaran-daring-atau-pembelajaran-jarak-jauh-pjj/ [18 Agustus 2020]

Kestin, T., Den Belt, M., Denby, L., Ross, K., Thwaites, J., dan Hawkes, M. Getting Started with the SDGs in Universities: A Guide for Universities, Higher Education Institutions, and the Academic Sector. Australia: Sustainable Development Solutions Network, 2017.

Koopmans, L., Bernaards, C., Hildebrandt, V., dan Schaufel. (2011). Conceptual Frameworks of Individual Work Performance A Systematic Review. Journal of occupational and environmental medicine, 856-66.

Liana, L. (2013). Pengukuran Korelasi Achievement Motive, Affiliation Motive, Dan Power Motive Dengan Kinerja Mahasiswa Menggunakan Spss. Jurnal Dinamika Teknik.

Machmud, M. (2016). Tuntutan Penulisan Tugas Akhir. Malang: Penerbit Selaras.

McClelland, D. (1985). Human motivation. New York: Cambridge University Press.

Nulhaqim, S., Heryadi, D., Pancasilawan, R., dan Ferdryansyah, M. (2016). Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Menghadapi ASEAN Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung., (hal. 154-272).

Sadikin, A., dan Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Selvi, K. 2010. Motivating factors in online courses. Procedia Social and Behavioral Sciences. 2:819–824. doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.110

Setkab. (2020). Inilah PP Pembatasan Sosial Berskala Besar unuk Percepatan Penanganan Covid-19 [Online]. Tersedia pada: https://setkab.go.id/inilah-pp-pembatasan-sosial-berskala-besar-untuk-percepatan-penanganan-Covid-19/ [19 Agustus 2020]

Siyoto, S., dan Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sunasee, R. (2020). Challenges of Teaching Organic Chemistry during COVID-19 Pandemic at a Primarily Undergraduate Institution. Journal of Chemical Education.

UNESCO. (2020). Education: From Disruption to Recovery [Online]. Tersedia pada: https://en.unesco.org/covid19/educationresponse/ [18 Agustus 2020]

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic [Online]. Tersedia pada: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019 [18 Agustus 2020]

Worldometer. (2020). Reported Cases and Deaths by Country, Territory, or Conveyance [Online]. Tersedia

Downloads

Issue

Section

Riset Bidang Hukum, Sosial Humaniora, Pendidikan, dan Psikologi