ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN DAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1864Keywords:
Analisis Kebutuhan, Kebutuhan Pengguna Lulusan, Kebutuhan Mahasiswa, Bahasa Inggris HukumAbstract
Terdapat 2 kategori besar dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris menurut tujuan pembelajaran dan siapa pemelajar yang disasar, yaitu General English dan English for Specific Purposes (ESP). Dalam pengajaran ESP, salah satu pilar yang berperan vital adalah analisis kebutuhan sebagai basis penyusunan atau perubahan kurikulum. Pada konteks pembelajaran Bahasa Inggris di Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang, penelitian berupa analisis kebutuhan ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (pengguna lulusan) serta kebutuhan mahasiswa. Hasil penelitian ini nantinya menjadi dasar perlu tidaknya peninjauan dan pembaruan kurikulum atau sistem pembelajaran Bahasa Inggris Hukum di FH UWG. Penelitian dilakukan kepada tiga informan yaitu praktisi hukum sebagai perwakilan dunia kerja, alumni FH UWG, dan mahasiswa aktif FH UWG. Instrumen yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur dan kuesioner skala Likert. Hasil wawancara pada alumni dan kuesioner pada mahasiswa menyatakan, materi dan metode pembelajaran Bahasa Inggris Hukum telah sesuai dengan kurikulum fakultas dan tujuan pembelajaran MK itu. Mahasiswa merasakan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris baik pasif maupun aktif. Mereka juga menyadari penguasaan Bahasa Inggris Hukum akan berguna bagi di dunia kerja. Alumni dan praktisi menyarankan agar ditambahkan fokus pembelajaran pada speaking dan writing, antara lain melalui presentasi analisis kasus berbahasa Inggris.References
L. Anthony, Introducing English for Specific Purposes, London, New York: Routledge, 2018.
Kumparan, Guru Besar UI: Orang Hukum Harus Pandai Bahasa Inggris dan Matematika, 29 Juli 2018. Diakses 8 September 2020 [online]. Tersedia pada https://kumparan.com/millennial/guru-besar-ui-orang-hukum-harus-pandai-bahasa-inggris-dan-matematika-27431110790555890
Hukumonline.com, 4 Hal yang Perlu Diketahui Anak Hukum Sebelum Masuk Dunia Kerja, 13 May 2015. Diakses 8 September 2020 [online]. Tersedia pada https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5552cb5d21d9d/4-hal-yang-perlu-diketahui-anak-hukum-sebelum-masuk-dunia-kerja/
Fakultas Hukum Universitas Widyagama, Visi & Misi, 2019. Diakses 8 September 2020 [online]. Tersedia pada https://fh.widyagama.ac.id/visi-misi/
Fakultas Hukum Universitas Widyagama, Mata Kuliah Kurikulum Tahun Akademik 2017/2018, 2019. Diakses 8 September 2020 [online]. Tersedia pada https://fh.widyagama.ac.id/mata-kuliah-semester-gasal-tahun-akademik-20172018/
H. Basturkmen, Developing Courses in English for Specific Purposes, Hampshire, New York: Pallgrave Macmillan, 2010.
J.W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th edition, California: SAGE Publications, Inc, 2014.
I. Etikan, S.A. Musa, R.S. Alkassim, “Comparison of Convenience Sampling and Purposive Samplingâ€, American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), pp. 1-4, 2016.
M. Rahardjo, Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif, GEMA: Media Informasi dan Kebijakan Kampus, 15 Oktober 2010. Diakses 8 September 2020 [online]. Tersedia pada https://www.uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html
Z. Dörnyei, Research Methods in Applied Linguistics: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methodologies, Oxford: Oxford University Press, 2007.
T. Nemoto dan D. Beglar, “Developing Likert-scale questionnaires,†in JALT 2013 Conference Proceedings, N. Sonda & A. Krause, Eds. Tokyo: JALT, 2014. Diakses 8 September 2020 [online]. Tersedia pada https://jalt-publications.org/sites/default/files/pdf-article/jalt2013_001.pdf
M.B. Miles, A.M. Huberman, J. Saldaña, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 4th edition, California: SAGE Publications, Inc, 2019.