MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK GARAM MEJA “SIP†UD. BERKAH MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1889Keywords:
AHP, penjualan online, media sosial, SWOT, telaah kontenAbstract
Media sosial merupakan salah satu alat pemasaran berbasis elektronik yang dipergunakan dalam kehidupan sosial di Era New Normal. Tujuan penelitian ini (1) Melihat seberapa jauh efektivitasnya pemasaran online ini, (2) Menjelaskan jenis produk yang bisa untuk dipasarkan secara online (3) Mendiskripsikan hal-hal yang berpengaruh dalam menyusun penerapan pemasaran online, (4) Memberi masukan dan ide strategi pemasaran online untuk diaplikasikan pada produk garam meja “SIPâ€. Metode analisis meliputi analisis deskriptif, analisis SWOT, analisis isi dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan analisis, pemasaran online berhasil meningkatkan pendapatan 10-32%. Hasil telaah isi, konsumen produk garam meja “SIP†telah memahami pentingnya menampilkan visualisasi produk secara baik dan benar dengan mewujudkan deskripsi dan gambar yang bisa mengajak konsumen untuk membeli produk, tetapi belum semuanya bisa dioptimalkan melalui fasilitas internet. Menurut analisis SWOT diperoleh strategi: (a) Mengembangkan usaha dengan di dukung sumber daya manusia (SDM) dan media pemasaran yang tersedia, (b) Mengembangkan usaha dengan sistem interne, (c) Meningkatkan jumlah usaha dengan memanfaatkan modal, (d) Meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan tentang sistem internet, (e) Meningkatkan modal untuk usaha dan menampilkan promosi produk sehingga dapat meningkatkan omzet, (f) Peningkatan kapasitas produk garam dan layanan, (g) Peningkatan kerjasama promosi produk online.References
Briggs,R.and N.Hollis. 1997. Advertising on the Web: Is there response before click through. Journal of Advertising Research;37(1):33-45
David, F.R 2010. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta (ID): Salemba Empat.
Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta (ID): Grasindo.
McCoy, S.,A.Everard, D.F. Galletta & G.D. Moody.2016. Here we go again! The impact of website ad repetition on recall, intrusiveness, attitudes, and site revisit intentions. Las Vegas (US):UNLV.
Mintzberg, H.1993. The pitfalls of strategic planning, California Management Review;36(1):32-47
. Philip Kotler, Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga.
Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.346p.
Romli, A.S.M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung (ID): Penerbit Nuansa.
Sari, I.I. 2012. Analisa Sembilan Iklan Produk Makanan-Minuman Organik di Jerman. Depok (ID): Universitas Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung (ID): Alfabeta.
Ustadiyanto, R. 2007. E-Business Plan: Perencanaan, Pengembangan dan Strategi di Internet. Yogyakarta (ID): Penerbit ANDI.