EKSPLORASI PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DALAM PROMOSI PANTAI EKASOGHI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3288Keywords:
Promosi, Pemasaran Media Sosial, InstragramAbstract
Pantai ekasoghi merupakan objek wisata baru. Ketatnya persaingan dan adanya pandemic Covid-19 menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya kunjungan, penyebab lainnya adalah strategi promosi yang digunakan masih terbatas dan belum ada staff khusus yang bertanggungjawab di bidang tersebut. Tujuan penelitian mengeksplorasi pemanfaatan social media marketing instagram dalam promosi pantai ekasoghi. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Informan sebanyak 5 orang pengunjung dan 1 pengelola. Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan pendekatan kualitatif yaitu observasi dan wawancara. Hasilnya strategi promosi pantai ekasoghi adalah Iklan, Promosi penjualan, Event dan Interactive marketing. Pantai ekasoghi menggunakan instagram dengan akun @pantaiekasoghi. Dari sisi context social media marketing, pantai ekasoghi telah memberikan informasi dengan sangat jelas dan mudah dimengerti. Dari sisi communication social media marketing, respon yang diberikan admin/pengelola cepat dan tepat komunikasi 2 arah. Dari sisi collaboration social media marketing, kerjasama dalam bentuk transfer pengetahuan serta membuat komunitas di Instagram. Dari sisi connection social media marketing, informasi pantai ekasoghi sudah di posting melalui akun instagram. Dengan modal akun ini, pantai ekasoghi telah mampu meraih omzet. Kendala yang dihadapi yaitu pengelola instagram harus selalu aktif mengingat perlunya komunikasi interaktif di akun tersebut dengan konsumen.References
Badan Perencanaan dan Pembangunan, “Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah : Badan Koordinasi Wilayah ( BAKORWIL ) IV Pamekasan,†2020. pp. 415.
A. Risman, B. Wibhawa, and M. Fedryansyah. (2016). Kontribusi Pariwisata Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Jurnal Proses Penelitan dan Pengabdian Kepada. Masyarakat. 3, 4, 29-37. doi: 10.24198/jppm.v3i1.13622.
Yuningsih, Tri. T. Darmi, and S. Sulandari. (2019). Model Pentahelik Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Semarang. JPSI (Journal Public Sect. Innov., 3, 2, 84-93. doi: 10.26740/jpsi.v3n2.
Tjahjono, Heri. (2012). Analisis Potensi Dan Masalah Pariwisata Di Kelurahan Kandri, Forum Ilmu Sos., 37, 2, 15-29, doi: 10.15294/fis.v37i2.
Jannah, Evatul. A. K. dan R. Y. D. (2018). Analisis Sistem Informasi Pemasaran Pariwisata (Studi Pada Desa Wisata Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang). J. Adm. Bisnis, 61 (4). 26-37.
Widiastini, Ni Made Ary; Andiani. (2012). Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali,†J. Ilmu Sos. dan Hum. 1 (1). 1–19.
Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi Cet. 9. Bandung: Alfabeta, 2011. pp. i-391.
Morrisan, M, Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012. pp. 394.
Semuel, H dan K. Y. Setiawan, (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase,†Jurnal Manaj. Pemasar., 12, 1, 47–52, doi: 10.9744/pemasaran.12.1.47.
Zarrella, Dan, Beijing · Cambridge · Farnham · Köln · Sebastopol · Taipei · Tokyo the social media marketing book. Canada : O’Reilly Media, Inc, 2010. pp. 241.
Kotler, Philip, and Amstrong, G, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Erlangga, 2008. pp. 414.
WikipediA, “Instagram,†WipediA Eksiklopedi Bebas. 2021, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram.
Atmoko, Bambang, Dwi, Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel, 1st ed. Jakarta: Media Kita, 2012. pp. 212.
Later & Hubspot team, “Instagram for business in 2018,†Later Hubspot Media Publ., 2018. pp. 289.
Atiko, G. R. H. Sudrajat, dan K. Nasionalita. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Indtravel), J. Sosioteknologi. 15 (3), 378–389.
Pratiwi, A dan M. G. Madanacaragni, (2020). Instagram Sebagai Media Promosi Festival Pariwisata Kota Bogor (Studi Etnografi Virtual Pada Akun @cgmbogor_fest), J. Audience, 3, 1, 117–145, doi: 10.33633/ja.v3i1.3728.
Untari, D dan E. Fajariana. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik), Widya Cipta J. Sekr. dan Manaj., 2, 2, 271–278, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4387.
Giannindra, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Kota Bandung,†J. Perenc. Wil. Dan Kota, 16, 2, 24–33, doi: https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.2433.
Naingolan, F.A, Yunita. (2018). Penggunaan Media Sosia Instagram Untuk Menunjang Peran Duta Wisata 2016-2017 Dalam Mempromosikan Pariwisata Kalimantan Timur,†e-Journal Ilmu Komun., 6 (3), 136–148.
Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methodes), 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2011. pp. 628.