VARIABEL ORIENTASI PASAR MAMPU MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DIMEDIASI KAPABILITAS INOVASI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3291Keywords:
Inovasi, Kapabilitas Pasar, UMKM, Kinerja Pemasran, Orientasi PasarAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui orientasi pasar mampu meningkatkan kinerja pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimediasi oleh kapabilitas inovasi dimasa pandemic covid-19. Pandemi covid-19 telah memporakporandakan semua lini dibidang usaha UMKM, oleh karena itu, untuk tetap bisa menjalankan usaha dan terus jalan perlu dilakukan strategi pemasaran yang tepat. Metode penelitian eksplanatory dengan populasi UMKM Kota Malang sebanyak 9.780 dan sampel dari rumus Slovin sebanyak 99 responden, teknik purposive sampling dan memenuhi kriteria. Variabel orientasi pasar, variabel kolaborasi inovasi sebagai variabel intervening dan kinerja pemasaran diuji ada pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja pemasaran UMKM. Analisis hipotesa menggunakan software Smat Pls versi 3, agar menggambarkan kajian empiriknya. Hasil pengujian hipotesis H1 berpengaruh positif, tidak signifikan antara variabel orientasi pasar (X1) terhadap kinerja pemasaran (Y1), T-statistik 0,718 kurang dari t-tabel 1,985 dan P-Value 0,473 lebih besar dari 0,05. Uji hipotesis H2 orientasi pasar (X1) berpegaruh positif terhadap variabel kapabilitas inovasi (Z1), T-statistik 5,685  t-tabel 1,985 dan P=value sebesar 0.000. Uji hipotesa H3 kapabilitas inovasi (z1) terhadap kinerja pemasaran (Y1), hasilnya berpengaruh positif, signifikan dimana T-Statistik  t-tabel 1,985, dan P=value sebesar 0.000. Uji hipotesa H4 ada pengaruh positif antara variabel orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui kapabilitas inovasi.References
R. H. N. Nicky, “Analisis Strategi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Terhadap, Citra Bersaing, Keunggulan Jurnal, Pemasaranpemasaran,†J. Emba, Vol. 3, P. 2015, 2015.
D. F. D. Adzanian, I. Kentjonowaty, And I. D. R, “Studi Literatur Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Fluktuasi Harga Dan Pemasaran Daging Ayam Ras Pedaging Di Jawa Timur Dimas,†J. Din. Rekasatwa, Vol. 4, No. 2, Pp. 271–281, 2021.
A. Sismantono, “Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Terhadap Keungggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Industri Kecil Dan Menengah Produk Makanan Di Propinsi Bengkulu.†Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang, 2014.
Sumiati, “Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha Dan Orienatasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan Umkm Dikota Surabaya,†J. Ilmu Ekon. Dan Manaj., Vol. 1, P. 2015, 2015.
J. C. Naver And S. F. Slater, “Market Orientation And The Learning Organization,†J. Mark., P. P.63 – 74, 2013.
J. Han. And K. Srivastara, “Contomer-Led And Market Oriented Let’s Not Confuse The Two,†Strateg. Manag. J., Pp. 1001–1008, 2014.
A. K. Kohli And B. J. Jaworski, “Market Orientation : The Construct, Research Proposition, And Managerial Implication,†J. Mark., Pp. 1–18, 2014.
T. Ferdinand, A, “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategi,†No. 1. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang, P. 2011, 2011.
I. H. Hatta, “Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran Dan Kinerja Pemasaran,†J. Apl. Manaj., Vol. 13, No. 4, Pp. 653–661, 2014.
E. Setyawati And H. Abrilia, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing Dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan,†J. Fokus Bisnis, Vol. 12, No. 02, 2013.
D. W. Craven, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2015.
O. Oktavinus, S. Zaid, And H. Yusuf, “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut Di Wakatobi,†J. Ilmu Manaj. Univ. Tadulako, Vol. 5, No. 2, Pp. 211–227, 2020, Doi: 10.22487/Jimut.V5i2.153.
E. Pancaningrum, W. W. Christiyanto, B. Sucipto, And A. Sekolah, “Pemasaran Yang Dimediasi Inovasi Produk Pada Umkm Manik-Manik,†Senima 3, No. Senima 3, Pp. 71–82, 2018.
S. Dimas Herliandis And R. Ainur, “Peran Orientasi Pasar Dan Inovasi Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Kalangan Konsumen Muslim/ Muslimah Pada Ukm Batik Di Wilayah Jember,†J. Kaji. Ekon. Dan Bisnis Syariah, Vol. 2, No. 1, Pp. 8–17, 2020.
L. Benn, “Developing Innovation Capability In Organisation: A Dinamic Capabilities Approach,†Int. J. Innov. Manag., Vol. 5, P. Pp 377-400, 2015.
M. Terziovski, “Innovation Practice And Its Performance Implications In Small And Logam Winongan Di Kabupaten Pasuruan Mediumenterprises (Smes) In The Manufacturing Sector: A Resource-Based View,†Strateg. Manag. J., Vol. 31, No. 8, Pp. 892–900, 2010.
A. T. Ferdinand, “Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik.†Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, P. 2013, 2013.
E. Ismawanti, “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Dengan Faktor Lingkungan Sebagai Variabel Moderat, Studi Pada Industri Kerajinan Batik Di Pekalongan.†Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang, 2015.
P. D, I, “Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, Dan Orientasi Pasar, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran,†J. Sains Pemasar. Indones., Vol. 1, No. 3, 2014.
G. Voss, Z And B. Voss, G, “Strategic Orientation And Firm Performance In An Artistic Environment,†J. Mark., Vol. 64, No. 1, Pp. 17–67, 2016.
V. Viki, “Umkm Di Kota Malang Diharapkan Pandai Memanfaatkan Peluang.†Antaranews, Malang, 2021, [Online]. Available: Https://Www.Antaranews.Com/Berita/2116302/Umkm-Di-Kota-Malang-Diharapkan- Pandai-Manfaatkan-Peluang.
W. Lamb, F. Hair, J, And C. Mcdanniel, “Pemasaran.†Salemba Empat, Jakarta, 2015.