PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL PADA USAHA DAUN REMPAH CATERING

Authors

  • Rangga Pahlevi Putra Program Studi S1 Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Syahroni Wahyu Iriananda Program Studi S1 Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3293

Keywords:

Daun Rempah Catering, inovasi pemasaran, branding, media sosial, katering.

Abstract

Daun Rempah Catering merupakan usaha catering rumahan yang dikelola sejak tahun 2020 yang melayani pemesanan nasi kotak, paket nasi kuning, paket nasi bento, aneka tumpeng, serta aneka kue kering. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, Daun Rempah Catering hanya menggunakan media sosial instagram serta memanfaatkan fasilitas penggunaan status pada whatsapp. Melalui solusi pemasaran yang diterapkan, didapati hasil penjualan relatif sedikit dan memiliki keterbatasan ruang lingkup konsumen. Hal tersebut terjadi karena konsumen yang memperoleh informasi pemasaran hanya terbatas pada lingkup kerabat serta followers pada instagram yang belum terlalu banyak. Maka dari penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi penjualan dan memberikan inovasi pemasaran yang efektif melelaui optimalisasi media sosial untuk meningkatkan daya jual secara maksimal. Metode penelitian yang diimplementasikan untuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalaui tahapan penggabungan data dengan teknik survei. Untuk proses strategi branding atau penjualan dilakukan pendampingan terhadap pelaku usaha serta pengoptimalan fasilitas pada media sosial yang sudah digunakan. Tahap akhir pada penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap penelitian yang sudah dilakukan. Hasil dari penelitian ini, diharapkan bisa menghasilkan strategi yang lebih efektif dalam menarik calon konsumen serta terjadi peningkatan pemahaman terhadap penggunaan media sosial secara optimal bagi pelaku usaha.

References

A. (STIE M. D. P. Viviani, “‘ CATHERING LUNCHY ’ Perencanaan Pendirian Usaha Cathering Dengan Inovasi ‘ Online Service From Home ’ ( Pemesanan Dan Pelayanan Melalui Media Sosial ) Diera New Normal Kota Palembang,†2021.

T. D. Larasati, “Pengembangan Usaha Tania Catering di Kabupaten Muara,†Skripsi, 2019.

P. K. Produk and P. Dan, “Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian.â€

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian. 2014.

Nana, Metoda Statistika. Bandung: Transito, 2016.

H. Z. Haq, “Pengaruh Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram) Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Kolam Renang Di Kabupaten …,†2019, [Online]. Available: https://lib.unnes.ac.id/35764/.

A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

A. Alawan, et, “Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature,†Telemat. Informatics, 2017.

L. Patrutiu-baltes, “Inbound Marketing - the most important digital marketing strategy,†J. Digit. Mark., vol. 92, pp. 61–68, 2016.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship