PENGUKURAN FINANCIAL LITERACY STARTUP INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG

Authors

  • Hanif Rani Iswari Program Studi S1 Manajemen, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Dian Candra Dewi Program Studi S1 Manajemen, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3294

Keywords:

Financial Literacy, Financial knowledge, Financial Experiances, Startup, Startup Industri Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mengukur literasi keuangan dari pemilik dan pengelola startup industri kreatif di Kota Malang. Investigasi dilakukan dengan melalukan jejak pendapat dalam sebuah forum focus group discussion. Selanjutnya, pengukuran dilakukan melalui survei ymelalui wawancara terstruktur dan kuesioner yang dibagikan kepada sepuluh startup industri kreatif di Kota Malang. Sekitar 40% dari responden diwawancarai secara langsung dan sisanya menggunakan fasilitas konferensi virtual. Hasil yang diperoleh jika tingkat literasi keuangan yang dimiliki 80% pemilik startup industri kreatif di Kota Malang yang juga merupakan pengelola jauh lebih tinggi dibandingkan yang hanya sebagai pengelola karena berpendidikan diploma/sarjana. Oleh karena itu, mayoritas responden memahami betul pengetahuan mengenai permodalan yang bersumber dari hutang pihak ketiga sehubungan dengan bunga atau bagi hasil. Namun, walaupun memiliki latar belakang pendidikan diploma/sarjana, hasil survei financial knowledge pemilik dan pengelola industri startup kreatif masih kurang pada pengetahuan seputar investasi keuangan. Menunjang hasil survei pengetahuan keuangan, financial experiances didominasi pengalaman terkait permodalan bersumber dari kredit pihak ketiga yakni kartu kredit dan pengalaman menabung dalam bentuk deposito dan hanya 3% responden yang menjalankan investasi derivatif ataupun dalam aset tetap tak bergerak.

References

I. V Kozlenkova, S. A. Samaha, and R. W. Palmatier, “Resource-based theory in marketing,†J. Acad. Mark. Sci., vol. 42, no. 1, pp. 1–21, 2014.

K. Habib and D. Yazdanfar, “Determinants of SME growth,†Manag. Res. Rev., vol. 39, no. 9, pp. 966–986, 2016.

A. A. Eniola and H. Entebang, “Financial literacy and SME firm performance,†Int. J. Res. Stud. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 31–43, 2016.

A. Lusardi, O. S. Mitchell, and V. Curto, “Financial literacy among the young,†J. Consum. Aff., vol. 44, no. 2, pp. 358–380, 2010.

A. Lusardi and O. S. Mitchell, “Financial literacy and planning: Implications for retirement wellbeing,†National Bureau of Economic Research, 2011.

L. D. Mitchell, “Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi,†J. Nominal, vol. 6, 2007.

M. Van Rooij, A. Lusardi, and R. Alessie, “Financial literacy and stock market participation,†J. financ. econ., vol. 101, no. 2, pp. 449–472, 2011.

V. Agarwal, G. W. Bell, J.-W. Nam, and D. P. Bartel, “Predicting effective microRNA target sites in mammalian mRNAs,†Elife, vol. 4, p. e05005, 2015.

L. Arrondel, M. Debbich, and F. Savignac, “Financial literacy and financial planning in France,†2014.

G. Okello Candiya Bongomin, J. C. Munene, and P. Yourougou, “Examining the role of financial intermediaries in promoting financial literacy and financial inclusion among the poor in developing countries: Lessons from rural Uganda,†Cogent Econ. Financ., vol. 8, no. 1, p. 1761274, 2020.

B. Cude et al., “College students and financial literacy: What they know and what we need to learn,†Proc. East. Fam. Econ. Resour. Manag. Assoc., vol. 102, no. 9, pp. 106–109, 2006.

S. J. Huston, “Measuring financial literacy,†J. Consum. Aff., vol. 44, no. 2, pp. 296–316, 2010.

B. J. Cude, “Financial literacy 501,†J. Consum. Aff., vol. 44, no. 2, pp. 271–275, 2010.

A. Zait and P. E. Bertea, “Financial literacy–Conceptual definition and proposed approach for a measurement instrument,†J. Account. Manag., vol. 4, no. 3, 2015.

A. Hung, A. M. Parker, and J. Yoong, “Defining and measuring financial literacy,†2009.

D. L. Remund, “Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy,†J. Consum. Aff., vol. 44, no. 2, pp. 276–295, 2010.

L. Orton, Financial literacy: Lessons from international experience. Canadian Policy Research Networks, Incorporated, 2007.

C. Baron-Donovan, R. L. Wiener, K. Gross, and S. Block-Lieb, “Financial literacy teacher training: A multiple-measure evaluation,†J. Financ. Couns. Plan., vol. 16, no. 2, 2005.

A. Atkinson and F.-A. Messy, “Measuring financial literacy: Results of the OECD/International Network on Financial Education (INFE) pilot study,†2012.

G. Rippon, The Gendered Brain: The new neuroscience that shatters the myth of the female brain. Random House, 2019.

L. Eliot, “The Gendered Brain: The New Neuroscience That Shatters The Myth Of The Female Brain (vol 566, pg 453, 2019),†Nature, vol. 567, no. 7748, p. 310, 2019.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship