PERSEPSI TERHADAP OBYEK WISATA: UPAYA EDUKASI DAN PROMOSI UNTUK PENGEMBANGAN EKOWISATA COBAN TALUN, KOTA BATU
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3314Keywords:
mahasiswa, ecotourism, education, Whatsapp, Coban TalunAbstract
Edukasi konservasi lingkungan dan budaya dalam pengembangan jasa ekowisata menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah ingin menggali persepsi mahasiswa terhadap obyek wisata, lingkungan dan penggunaan media sosial untuk mempromosikan dan edukasi konservasi lingkungan. Survei dan wawancara dilakukan terhadap mahasiswa yang melakukan studi lapang di obyek wisata Coban Talun (kota Batu). Variabel yang diteliti adalah persepsi terhadap obyek wisata, interaksi berkelompok, permasalahan, dan pemanfaatan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan persepsi yang positif dan signifikan terhadap keindahan, khususnya air terjun dan obyek wisata buatan. Berkelompok memberi manfaat untuk melindungi atau menjaga keselamatan, dan menjadi wadah untuk berdiskusi tentang konservasi alam. Aspek lingkungan menjadi potensi permasalahan yang berasal dari menurunnya keanekaragaman hayati, dan terganggunya sumber mata air atau suplai air bersih. Sementara itu, media sosial untuk mempromosikan wisata adalah Whatsapp, Instagram, dan Facebook.References
Handriana, T. & Ambara, R. (2016). Responsible environmental behavior intention of travelers on ecotourism sites. Tour. Hosp. Manag. 22, 135–150.
Nugroho, I. & Negara, P. D. (2015). Pengembangan Desa Melalui Ekowisata: Dilengkapi dengan peraturan perundangan tentang pedoman pengembangan desa wisata. (Era Adicitra Intermedia, 2015).
Chen, H. & Suen, W. (2017). Aspiring for Change: A Theory of Middle Class Activism. Econ. J. 127, 1318–1347
Van Klinken, G. & Berenschot, (2014). W In Search of Middle Indonesia: Middle Classes in Provincial Towns doi:10.1163/9789004263437.
Su, M. M. & Wall, G. Chinese university students’ perceptions of ecotourism. Int. J. Serv. Technol. Manag. 24, 356–373 (2018).
Nugroho, I., Negara, P. D. & Yuniar, H. R. (2018). The Planning and The Development of The Ecotourism and Tourism Village In Indonesia: A Policy Review. J. Socioecon. Dev. 1, 43–51
Nugroho, I., Hanafie, R., Negara, P. D., Sudiyono & Yuniar, H. R. (2021). Social Capital and Social Capacity in Rural Ecotourism Development. Indones. J. Geogr. 53, 153–164
Bai, M., Nugroho, I., Darmadji, D. & Julitasari, E. (2021). Community Participation in Tourism Development Initiatives in Upland Farming Areas: Evidence From Mengeruda Hot Spring Tourism, Flores, Indonesia. in Proceedings of the 3rd International Conference on Innovation in Education, Science and Culture, ICIESC 2021, 31 August 2021, Medan, North Sumatera Province, Indonesia (EAI, 2021). doi:10.4108/eai.31-8-2021.2313782.
Eshliki, S. A. & Kaboudi, M. (2012). Community Perception of Tourism Impacts and Their Participation in Tourism Planning: A Case Study of Ramsar, Iran. Procedia - Soc. Behav. Sci. 36, 333–341
Stefănica, M. & Butnaru, G. I. (2015). Research on Tourists’ Perception of the Relationship between Tourism and Environment. Procedia Econ. Financ. 20, 595–600
Wood, M. E. (2002). Ecotourism: Principles, Practices & Policies For Sustainability. The International Ecotourism Society (UNEP, doi:10.1079/9781845934002.0000.
Lee, T. H. & Jan, F. H. (2018). Ecotourism Behavior of Nature-Based Tourists: An Integrative Framework. J. Travel Res. 57, 792–810
Peake, S., Innes, P. & Dyer, P. (2009). Ecotourism and conservation: Factors influencing effective conservation messages. J. Sustain. Tour. 17, 107–127
UNWTO. (2017). Global Report on The Power of Youth Travel. www.e-unwto.org/doi/book/10.18111/9789284417162 doi:10.18111/9789284417162.
Golkar, S. (2015). Student activism, social media, and authoritarian rule in Iran. in The WholeWorld is Texting: Youth Protest in the Information Age 61–79 doi:10.1007/978-94-6300-055-0_4.
Cheng, M., Wong, I. K. A., Wearing, S. & McDonald, M. (2017). Ecotourism social media initiatives in China. J. Sustain. Tour. 25, 416–432
Hamdani, A. F. & Wardani, N. R. (2018). Analisis Daya Dukung Lingkungan Wisata Alam Coban Talun, Kota Batu. Ethos (Jurnal Penelit. dan Pengabdi. Masyarakat) 6, 291–296
Beall, J. (2012). The Shape of Things to Come: Higher education global trends and emerging opportunities to 2020. www.nobelprize.org/nobel_prizes/lists/
Huang, S. (Sam), Weiler, B. & Assaker, G. (2014).Effects of Interpretive Guiding Outcomes on Tourist Satisfaction and Behavioral Intention. J. Travel Res. 54, 344–358
Nugroho, I. et al. (2021). Sustainable Hospitality and Revisit Intention in Tourism Services. J. Phys. Conf. Ser. 1908, 012004
Fang, W.-T. et al. (2018). Environmental Literacy on Ecotourism: A Study on Student Knowledge, Attitude, and Behavioral Intentions in China and Taiwan. Sustainability 10, 1886
Poudel, S. & Nyaupane, G. P. (2016). Exploring the Roles of Tour Guides in Trekking Tourism. http://scholarworks.umass.edu/ttra/2011/Visual/47
Leung, D., Law, R., van Hoof, H. & Buhalis, D. (2013). Social Media in Tourism and Hospitality: A Literature Review. J. Travel Tour. Mark. 30, 3–22
Živković, R., Gajić, J. & Brdar, I. (2014). The Impact of Social Media on Tourism. in Proceedings of the 1st International Scientific Conference - Sinteza 2014 758–761 (SINTEZA 2014 doi:10.15308/sinteza-2014-758-761.