PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3324Keywords:
multimedia, media pembelajaran, media berbasis webAbstract
Algoritma Pemrograman merupakan salah satu matakuliah dasar yang ditempuh mahasiswa D3 Game Animasi, dimana mahasiswa akan diberikan dasar logika dan algoritma untuk pengembangan pemrograman komputer. Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh mahasiswa dalam matakuliah ini yaitu memahami rangkaian proses yang akan terjadi pada saat sebuah algoritma dijalankan, khususnya pada proses perhitungan. Hal ini karena sebagian besar proses perhitungan di dalam algoritma akan dijalankan oleh CPU tanpa adanya tampilan visual yang bisa dilihat. Tujuan yang ingin dicapai yaitu menghasilkan media pembelajaran yang menarik, dan interaktif dengan tujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami algoritma dan pemrograman komputer. Penelitian ini menerapkan metode ADDIE, yang membagi tahap pengembangan menjadi lima langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian yaitu sebuah media pembelajaran berbasis web. Berdasarkan penilaian ahli materi didapatkan indeks skor 90,91% yang memiliki kategori sangat baik. Sedangkan berdasarkan penilaian ahli media didapatkan indeks skor 90,67% yang memiliki kategori sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil ujicoba kepada pengguna dapat disimpulkan media pembelajaran ini diterima dengan sangat baik oleh pengguna, yang ditunjukkan oleh indeks skor sebesar 89,78%.References
R. W. Arifin, “Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1,†Bina Insani Ict Journal, Vol. 4, No. 1, Art. No. 1, Jun. 2017.
L. Sitorus, Algoritma Dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.
G. G. Maulana, “Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web,†Jtm, Vol. 6, No. 2, P. 8, Mar. 2017, Doi: 10.22441/Jtm.V6i2.1183.
R. Abdulloh, Easy & Simple Web Programming. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,†JIPN, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2018, Accessed: Jan. 18, 2021. [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306.
H. Fatihah, “Online Discussion Application and Multimedia Use on Elearning in Curriculum Study of Junior and Senior High School in Civic Education Program,†Journal of Moral and Civic Education, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2018, doi: 10.24036/885141221201885.
T. D. Andini, S. N. Afiyah, and V. A. Fitria, “Perancangan Dan Implementasi eLearning Pada Mata Kuliah Bidang Matematika Untuk Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika,†INTEGER: Journal of Information Technology, vol. 3, no. 1, Mar. 2018, doi: 10.31284/j.integer.2018.v3i1.139.
R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.