SIMULASI KERENGGANGAN CELAH SPARK PLUG SEBAGAI PARAMETER HEAT RANGE TERHADAP WARNA PERCIKAN NYALA API
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3329Keywords:
spark plug, percikan api busi, warna api, temperatur, tegangan coil.Abstract
Perkembangan IPTEK dari waktu kewaktu mengalami kemajuan pesat terutama teknologi di bidang otomotif. Proses pembakaran sangat berpengaruh terhadap performa engine, Banyak sekali penyebabnya antara lain pengapian spark plug. Percikan api memiliki karakteristik dari celah busi, warna api, voltage dan temperatur yang dihasilkan untuk mencapai proses pembakaran mendekati stoichiometry agar pembakaran sempurna. Usaha dilakukan untuk menciptakan performa mesin yang tinggi dan hemat bahan bakar. Pengapian dalam penelitian menggunakan pengapian CDI yang memiliki karakterikstik lebih baik dibandingkan konvensional. Sistem pengapian ini memanfaatkan sumber listrik dari kumparan coil  untuk meningkatkan tegangan dari 12 volt menjadi 15.000-30.000 volt. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik spark plug dari percikan api yaitu warna nyala api yang dihasilkan sebagai pemicu utama proses pembakaran motor bensin. Secara konsepsional mengetahui berbagai jenis tipe yaitu hot plug dan cold plug yang di jual dipasaran. Metode yang akan dilaksanakan dalam penelitiannya itu mengkaji lebih dalam performa spark plug dengan merubah celah busi, mengukur tegangan coil sehingga didapatkan data warna nyala percikan api dan temperatur. Hasil penelitian menunjukkan tegangan dan arus listrik menjadi satu kesatuan yang dihasilkan dari kumparan coil ignition dalam menghasilkan energy pembakaran dan warna percikan bunga api seiring dengan meningkatnya temperatur.References
Machmud S and Yokie GI, “Dampak Kerenggangan Celah Elektroda Busi Terhadap Kinerja Motor Bensin 4 Tak.,†Teknik, vol. 1, no. 2, pp. 103–109, 2011.
G. Soebiyakto, D. U. Effendy, U. W. Malang, K. Malang, U. W. Malang, and K. Malang, “Studi Simulasi Karakteristik Nyala Api Pembakaran Difusi,†no. Ciastech, pp. 453–460, 2020.
E. B. Fiandry, U. M. Yogyakarta, J. Lingkar, S. Tamantirto, and D. I. Yogyakarta, “Pengaruh Penggunaan Variasi 3 Jenis Busi Terhadap Karakteristik Percikan Bunga Api Dan Kinerja Motor Honda Blade 110 Cc Berbahan Bakar Premium Dan Pertamax 95,†J. Tek. Mesin UMY, pp. 1–6, 2015.
P. H. Shu-Yi et al., “Analysis of Spark Plug Gap on Flame Development using Schlieren Technique and Image Processing,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 160, no. 1, 2016.
W. Nuriana, “Analisis celah busi terhadap konsumsi bahan bakar dan kinerja pada mesin suzuki tornado gx 1),†vol. 12, no. September, pp. 61–68, 2011.
H. Ge and P. Zhao, “Numerical Investigation of the Spark Plug Orientation Effects on Flame Kernel Growth,†SAE Tech. Pap., vol. 2019-Janua, no. January, 2019.
T. Badawy, X. C. Bao, and H. Xu, “Impact of spark plug gap on flame kernel propagation and engine performance,†Appl. Energy, vol. 191, pp. 311–327, 2017.
H. Zhu, “Spark Energy and Transfer Efficiency Analyses on Various Transistor Coil Ignition Systems Spark Energy and Transfer Efficiency Analyses on Various Transistor Coil Ignition Systems,†2018.
A. S. Daut, M. Z. Bahrom, R. Irzuan, A. Jalal, and E. N. Roslin, “Effect of Side Gapping Spark Plug on Engine Performance and Emission,†Int. J. Recent Technol. Eng., vol. 8, no. 4, pp. 6145–6148, 2019.
A. A. Abdel-Rehim, “Impact of spark plug number of ground electrodes on engine stability,†Ain Shams Eng. J., vol. 4, no. 2, pp. 307–316, 2013.
N. Pavel et al., “Laser ignition - Spark plug development and application in reciprocating engines,†Prog. Quantum Electron., vol. 58, pp. 1–32, 2018.
M. J. Lee, M. Hall, O. A. Ezekoye, and R. Matthews, “Voltage, and energy deposition characteristics of spark ignition systems,†SAE Tech. Pap., no. 724, 2005.
M. Morovatiyan, M. Shen, M. Shahsavan, and J. H. Mack, “Investigation of the effect of electrode surface roughness on spark ignition,†ASME 2018 Intern. Combust. Engine Div. Fall Tech. Conf. ICEF 2018, vol. 1, pp. 1–8, 2018.
C. Poggiani, M. Battistoni, C. N. Grimaldi, and A. Magherini, “Experimental characterization of a multiple spark ignition system,†Energy Procedia, vol. 82, no. December, pp. 89–95, 2015.