PERAN PENGUKURAN KINERJA DALAM INOVASI RANTAI PASOK
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3351Keywords:
pengukuran kinerja, inovasi rantai pasok, review literatur sistematisAbstract
Kompleksitas rantai pasok memerlukan suatu inovasi yang dapat mengoptimalkan aliran material, finansial, dan informasi untuk mengintegrasikan seluruh pelaku di dalamnya. Aktivitas dalam rantai pasok memerlukan inovasi agar perusahaan menjadi untuk sukses dan unggul dalam persaingan yang ketat. Tujuan dari inovasi rantai pasok adalah menyediakan cara baru, alat baru, produk baru, proses baru, dan layanan baru sehingga bisa lebih cepat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Inovasi rantai pasok perlu diukur agar dapat mengetahui sejauh mana kesuksesan dan keunggulan tersebut. Beberapa peneliti menyinggung inovasi rantai pasok berkelanjutan, namun penjelasan pengukuran kinerja rantai pasok sangatlah terbatas. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mereview artikel sebelumnya selama sepuluh decade terakhir mengenai ukuran dan model pengukuran kinerja dalam inovasi rantai pasok. Riset ini menggunakan metode review literatur sistematis mengadopsi metode Tranfield. Hasil sintesis yang diperoleh membagi kelompok riset terdahulu menjadi lima kelompok yaitu berdasarkan: (1) input; (2) proses; (3) input-output; (4) input-proses-output; (5) proses kepemimpinan. Sedangkan agenda ke depan adalah penentuan peran pengukuran kinerja pada inovasi supplychain melalui studi empiris.References
D. T. W. Wong and E. W. T. Ngai, “Critical review of supply chain innovation research (1999–2016),†Ind. Mark. Manag., vol. 82, no. January 2018, pp. 158–187, 2019, doi: 10.1016/j.indmarman.2019.01.017.
M. Eggink, “Innovation System Performance: How to Address the Measurement of a System’s Performance,†J. Innov. Bus. Best Pract., vol. 2012, pp. 1–9, Nov. 2012, doi: 10.5171/2012.593268.
N. Gama, M. M. da Silva, and J. AtaÃde, “Innovation Scorecard: A Balanced Scorecard for Measuring the Value Added by Innovation,†Digit. Enterp. Technol., pp. 417–424, 2007, doi: 10.1007/978-0-387-49864-5_49.
E. Pinheiro De Lima, S. E. Gouvea Da Costa, J. J. Angelis, and J. Munik, “Performance measurement systems: A consensual analysis of their roles,†Int. J. Prod. Econ., vol. 146, no. 2, pp. 524–542, 2013, doi: 10.1016/j.ijpe.2012.05.007.
G. P. Kurien and M. N. Qureshi, “Study of Performance Measurement Practices in Supply Chain Management,†Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag., vol. 2, no. 4, pp. 19–34, 2014.
C. Cruz-Cázares, C. Bayona-Sáez, and T. GarcÃa-Marco, “You can’t manage right what you can’t measure well: Technological innovation efficiency,†Res. Policy, vol. 42, no. 6–7, pp. 1239–1250, Jul. 2013, doi: 10.1016/j.respol.2013.03.012.
V. Dewangan and M. Godse, “Towards a holistic enterprise innovation performance measurement system,†Technovation, vol. 34, no. 9, pp. 536–545, 2014, doi: 10.1016/j.technovation.2014.04.002.
C.-I. Ivanov and S. Avasilcăi, “Measuring the Performance of Innovation Processes: A Balanced Scorecard Perspective,†in Procedia - Social and Behavioral Sciences, Jan. 2014, vol. 109, pp. 1190–1193, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.12.610.
J. Hagedoorn and M. Cloodt, “Measuring innovative performance: Is there an advantage in using multiple indicators?,†Res. Policy, vol. 32, no. 8, pp. 1365–1379, 2003, doi: 10.1016/S0048-7333(02)00137-3.
E. G. Carayanis, “Measuring firm innovativeness: Towards a composite innovation index built on firm innovative posture, propensity, performance,†Int. J. Innov. Reg. Dev., no. June 2007, pp. 1–30, 2007.
A. Muller, L. Välikangas, and P. Merlyn, “Metrics for innovation: guidelines for developing a customized suite of innovation metrics,†Strateg. Leadersh., vol. 33, no. 1, pp. 37–45, Feb. 2005, doi: 10.1108/10878570510572590.