PENINGKATAN PENJUALAN UMKM YOGHURT OUTY (YOOUTY) MELALUI INOVASI BRANDING PRODUK DAN PEMASARAN

Authors

  • Rangga Pahlevi Putra Program Studi S1Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Syahroni Wahyu Iriananda Program Studi S1Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3377

Keywords:

UMKM, Minuman Olahan Susu, Yoghurt, Branding, Pemasaran, Inovasi

Abstract

Produk olahan susu seperti yoghurt adalah jenis hasil olahan susu yang digemari hampir semua kalangan umur karena bermanfaat serta rasa yang enak. Yoghurt biasanya diproduksi oleh pabrik dengan skala besar atau bisnis tingkat keluarga seperti UMKM. Maka dari itu keberadaan UMKM diharapkan bisa membantu roda perekonomian serta memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Dalam implementasinya, diperlukan pengarahan dari akademisi guna memberikan edukasi, pelatihan, maupun pendampingan kepada UMKM agar tetap bertahan dan berinovasi dalam produksinya. UMKM Yoghurt Outy (Yoouty) merupakan mitra pengabdian kami yang memiliki kendala dalam proses pemasaran serta branding produk yang kurang bersaing dengan produk sejenis, sehingga diperlukan alternatif penyelesaian untuk permasalahan yang dialami. Solusi yang diberikan oleh tim berupa inovasi branding kemasan produk dan pelatihan pengelolaan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif dan masif. Sehingga tujuan utama pengabdian ini untuk memberikan tampilan hasil keluaran yang lebih segar serta pemasaran yang lebih optimal diharapkan bisa tercapai.

References

R. W. Ni Nyoman Wulan Antari, “Penguatan Identitas Melalui Branding Kemasan dan Diversifikasi Produk Usaha Comel,†J. Stud. Kasus Inov. Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 5–12, 2019.

D. Irawan and M. W. Affan, “Pendampingan Branding Dan Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang,†J. Pengabdi. dan Peningkatan Mutu Masy., vol. 1, no. 1, pp. 32–36, 2020, doi: 10.22219/janayu.v1i1.11188.

I. K. Timotius, I. Setyawan, and A. A. Febrianto, “Face recognition between two person using kernel principal component analysis and support vector machines,†Int. J. Electr. Eng. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 53–61, 2010, doi: 10.15676/ijeei.2010.2.1.5.

T. Rizaldi and H. A. Putranto, “Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM,†Prosiding, pp. 56–59, 2018, [Online]. Available: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1186.

A. Primadewi, T. M. Anwar, Y. Yustin, A. H. Sani, and M. Fauzi, “Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding,†J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 26, no. 3, p. 154, 2020, doi: 10.24114/jpkm.v26i3.17683.

R. Gunawan, A. PK, and Margana, “Perancangan Destination Branding Desa Poncokusumo , Malang,†J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2013.

I. S. Putra RP, “Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Produk UMKM Tisya Herbal di Desa Mulyoarjo,†CIASTECH 2020 "Peranan Strateg. Teknol. Dalam Kehidup. di Era New Norm., no. Ciastech, pp. 1237–1244, 2020.

S. Everlin and C. Yosephine, “ANALISIS DESAIN KEMASAN YOGHURT DRINK ‘ CIMORY ’ Analysis of ‘ Cimory ’ Yoghurt Drink Packaging,†vol. 1, pp. 109–121, 2018.

E. Setyariningsih and S. Hidayat, “Pendampingan Pengemasan Produk ( Packing) dan Pembukuan Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan UKM dalam Mengelola Usaha pada UKM Jamu Tradisional di Kota Mojokerto,†ABDIMAS Nusant. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 18–23, 2019.

Downloads

Published

2021-12-20