DIVERSIFIKASI PRODUK DAN INOVASI KEMASAN PRODUK MAKANAN PADA USAHA DAUN REMPAH CATERING

Authors

  • Syahroni Wahyu Iriananda Program Studi S1 Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Malang
  • Rangga Pahlevi Putra Program Studi S1 Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3379

Keywords:

Diversifikasi Produk, Desain Kemasan, Katering, Produk Makanan, Inovasi Produk

Abstract

Pada masa pandemi berbagai macam strategi diupayakan oleh wirausahawan untuk mengembangkan produk usaha di tengah produk-produk baru yang bermunculan dengan menghadirkan variasi atau inovasi sesuai dengan minat pasar yang ada. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Daun Rempah Catering, yang merupakan sebuah usaha makanan rumahan yang dikelola sejak tahun 2020 oleh Diana bersama keluarga. Usaha ini dimulai dari sebuah usaha kecil-kecilan dan mengandalkan peralatan masak yang dimiliki dengan tenaga kerja dari keluarga sendiri dalam membantu usaha ini. Usaha katering ini menawarkan beberapa menu seperti pemesanan nasi kotak, paket nasi kuning, dan aneka tumpeng. Saat ini mitra mengalami hambatan dalam pengembangan produk, seperti inovasi produk makanan terkini, kekurangan peralatan memasak yang lebih canggih, serta kemasan makanan catering yang masih konvensional yaitu menggunakan kotak kardus berwarna putih. Maka dari itu, tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan solusi berupa diversifikasi produk dengan cara melakukan sosialisasi dan analisis pasar dengan mitra, memberikan inovasi kemasan produk, serta memberikan perlengkapan memasak sebagai upaya pendukung diversifikasi produk sehingga bisa dimanfaatkan oleh mitra untuk mengembangkan produk dan meningkatkan penjualan. 

References

R. W. Ni Nyoman Wulan Antari, “Penguatan Identitas Melalui Branding Kemasan dan Diversifikasi Produk Usaha Comel,†J. Stud. Kasus Inov. Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 5–12, 2019.

D. Irawan and M. W. Affan, “Pendampingan Branding Dan Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang,†J. Pengabdi. dan Peningkatan Mutu Masy., vol. 1, no. 1, pp. 32–36, 2020, doi: 10.22219/janayu.v1i1.11188.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,†J. Manaj. Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32.

Y. P. Kristiutami, F. Ariesta, and S. P. Pirastyo, “Penerapan Diversifikasi Produk Sebagai Upaya Penanggulangan Pandemi Covid-19 Pada Kuswini Katering,†J. Pendidik. dan …, vol. 1, pp. 76–85, 2021, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpp/article/view/20633.

V. P. Anggareni, “Strategi Pemulihan UMKM Pada Masa New Normal dan Industri 4 . 0,†pp. 318–328, 2020.

R. A. N. Diaz, I. G. Harsemadi, N. W. S. Arini, E. Sulistyorini, and N. L. N. M. Wedasari, “Optimalisasi Pemasaran Melalui Brand Packaging Dan E-Commerce Sebagai Media Promosi Pia Sinar Bali,†Prociding SENADIMAS, pp. 331–336, 2019.

Downloads

Published

2021-12-20