EVALUASI KEPUASAN PESERTA PELATIHAN MANAJEMEN DAN ALAT PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY KRIPIK TEMPE MALANG

Authors

  • Istiadi Istiadi Program Studi S1 Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Arie Restu Wardhani Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Arief Rizki Fadhillah Program Studi D3 Mesin Otomotif, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Riska Suryanti Putri Program Studi S1 Teknik Elektro, Universitas Widyagama Malang, Malang
  • Alif Dio Raka Wisnu Program Studi S1 Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Yuninda Wulan Sari Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3383

Keywords:

home industry, kripik tempe, tahapan evaluasi pelatihan Kirkpatrick, analisis IKM

Abstract

Pemberdayaan UKM dan home industry terus dikembangkan oleh pemerintah melalui program hibah Pemberdayaan kepada Masyarakat. Artikel ini menguraikan salah satu kegiatan program tersebut yaitu evaluasi kinerja pelatihan melalui Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).  Responden adalah pengrajin kripik tempe pada home industry kripik tempe Sanan, Malang sejumlah tiga orang. Hasil perhitungan analisis IKM menunjukkan nilai 87, 69 atau sangat memuaskan. Hasil riset ini dapat memberikan evaluasi bahwa pelatihan dilaksanakan dengan sangat baik. Namun tetap perlu ada perbaikan agar kegiatan selanjutnya menjadi lebih sempurna.

References

A. R. Wardhani, P. Suwandono, and ..., “Pelatihan Kemasan Dan Pelabelan Pada Ukm Kripik Pisang Di Dusun Pecuk Tulungagung,†in … on Innovation and …, 2019, no. Ciastech, pp. 159–164, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1167.

Y. Sato, “Development of Small and Medium Enterprises in the ASEAN Economies,†Beyond 2015: ASEAN-Japan Strategic Partnership for Democracy, Peace and Prosperity in Southeast Asia. pp. 154–181, 2013, [Online]. Available: http://www.jcie.org/japan/j/pdf/pub/publst/1451/full report.pdf.

OECD, “Chapter 1 . Economic context and role of SMEs in ASEAN The economic context,†in ASEAN SME POLICY INDEX, no. April, 2018, pp. 19–29.

OECD, “Indonesia,†2021.

Y. Nugroho, G. Hutschenreiter, I. A. Pawennei, and M. Amalia, “Indonesia Innovation Profile,†in INNOVATION IN SOUTHEAST ASIA, 2013, pp. 153–180.

O. Sunardi, “Training Return-on-Investment: Suatu Perspektif Dalam Mengevaluasi Keefektifan Program Pelatihan,†Bus. Manag. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2006, doi: 10.30813/bmj.v2i1.582.

R. R. Munajatisari, “Analisis Efektivitas Metode Pelatihan Klasikal Dan E-Learning,†J. Adm. Bisnis Unpar, vol. 10, no. 2, 2014, doi: 10.26593/jab.v10i2.1463.

A. Kunche, R. Kumar Puli, S. Guniganti, and D. Puli NIT Warangal Andhra Pradesh, “Analysis and Evaluation of Training Effectiveness,†Hum. Resour. Manag. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2011, doi: 10.5923/j.hrmr.20110101.01.

A. Saputra, “Analisis indeks kepuasan peserta pelatihan teknis pelaksana 1 terhadap pelayanan penyelenggaraan pelatihan di pusat pengembangan sumber daya manusia (PPSDMA),†Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral. pp. 5–24, 2017.

A. Akhmadi, “Kepuasan Peserta Diklat Terhadap Pelayanan Widyaiswara,†Andragogi J. Diklat Tek. Pendidik. dan Keagamaan, vol. 7, no. 2, pp. 256–269, 2019, doi: 10.36052/andragogi.v7i2.101.

Downloads

Published

2021-12-20