PENDAMPINGAN MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN AQUAPONIK DI SEKOLAH ALAM NUR HIKMAH KOTA MALANG

Marjani Ahmad Tahir, Endah Puspitosarie

Abstract

Sebagai mitra dalam Propenmas ini adalah Sekolah Alam Nur Hikmah  disingkat  SAN Hikmah yang berkedudukan di Jl. Bandara Timika Blok U-12 Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur. Pada awalnya SAN Hikmah merupakan sekolah gratis yang ditawarkan untuk keluarga tidak mampu yang  ada disekitar sekolah. Dana operasional  berasal dari donator yang bertindak sebagai orang tua asuh, akan tetapi lama kelamaan jumlah donatur  berkurang disi lain  ada wali murid yang merasa mampu melakukan pembayaran uang sekolah seiklasnya. Untuk menunjang proses belajar mengajar dan sekaligus memenuhi dana operasional, sekolah dilengkapi dengan beberapa sarana seperti perpustakaan, aquaponik, garmen, las, menjahit juga sebagai tempat wisata edukasi bagi sekolah lain.. Untuk menutup biaya operasional sekolah tidak cukup dibiayai dengan SPP yang dibayar oleh wali murid juga berasal dari donator yang bertindak sebagai orang tua asuh.  SAN Hikmah membuat Aquaponik sayur dan aanggrek untuk tempat praktek murid sekaligus hasilnya dijual diharapkan untuk menutup kekurangan biaya operassional sekolah. Berdasarkan hasil observasi terhadap situasi yang ada di Sekolah Alam Nur Hikmah, terdapat berbagai permasalah diantaranya: (1) Pemasaran, sampai saat ini pemasaran yang dilakukan dari mulut kemulut untuk sayur dan anggrek  (2) Showroom (tempat menaruh anggrek yang siap dijual), sampai saat ini Sekolah Alam Nur Hikmah belum mempunyai tempat untuk menaruh anggrek anggrek yang siap dijual jadi digantung di atap atap, (3)  Produksi terbatas, (4) Terbatasnya dana untuk promosi hingga belum bisa meningkatkan pemasaran dalam rangka menopang biaya operasional sekolah.

Keywords

Sekolah Alam Nur Hikmah, Aquaponik , Pemasaran

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF view : 30 times

Full Text:

PDF

References

Courtney, Andrew. 2018. What Is Aquaponic? All You Need To Know. https://smartgardenguide.com/what-is-aquaponics-all-you-need-to-know/. Diakses pada 24 November 2021.

Fahmi, Maulana M. 2018, “Mengenal Budi Daya Sistem Akuaponik”. https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/pr-0467127/mengenal-budi-daya-sistem-akuaponik?page=all. Diakses pada 24 November 2021.

Panduan Program Pengabdian untuk Masyarakat Universitas Widyagama Malang Tahun 2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.