PENDAMPINGAN PENGEMASAN PRODUK DI BANK SAMPAH LINTAS WINONGO, KECAMATAN JETIS, KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3404Keywords:
minyak jelantah, sabun marble, bank sampah, kemasanAbstract
Minyak jelantah adalah salah satu jenis sampah yang dapat dimanfaatkan kembali. Pemanfaatan minyak jelantah dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi produk sabun organik bentuk marble. Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada mitra Bank Sampah (BS) Lintas Winongo di mana para anggota dilatih serta didampingi untuk membuat olahan sabun organik bentuk marble. Selain itu diberikan pula pendampingan untuk pengemasan produknya. Produk yang sudah dihasilkan perlu ditunjang dengan kemasan yang menarik dan juga sesuai dengan produk yang dihasilkan. Saat ini, sebesar 94% anggota bank sampah belum memiliki pengetahuan tentang kemasan produk. Selain kemasan produk permasalahan lain adalah bank sampah lintas winongo belum memiliki logo yang merupakan identitas resmi bank sampah. Sehingga memudahkan proses branding atau promosi bank sampah lintas winongo. Tujuan kegiatan ini adalah dapat memberikan pengetahuan tentang kemasan hingga penampingan tentang proses pengemasan produk organik bentuk marble sehingga dapat dijual ke pasar lebih menarik dan juga pembuatan logo BS Lintas Winongo.ÂReferences
U. Linarti, A. Y. Astuti, and G. I. Budiarti, “Pengelolaan limbah minyak goreng bekas pakai di bank sampah Lintas Winongo, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta,†Semin. Nasional, Has. Pengabdi. Kpd. Masy. Univ. Ahmad Dahlan, no. September, pp. 513–520, 2019.
A. Y. Astuti, U. Linarti, and G. Indah Budiarti, “Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Di Bank Sampah Lintas Winongo, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta,†SPEKTA (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. Teknol. dan Apl., vol. 2, no. 1, p. 73, 2021.
W. Swasty, Y. Rahman, and A. N. Fadilla, “Pelatihan kemasan produk kuliner yang persuasif bagi koperasi dan ukm kabupaten bandung,†charrity J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019.
M. Faishal, E. Mohamad, R. Jaafar, A. A. Rahman, and O. Adiyanto, “Integrated approach to customer requirement using quality function deployment and Kansei engineering to improve packaging design,†Asia-Pacific J. Sci. Technol., vol. 26, no. 2, pp. 1–10, 2021.
D. T. Permadi, N. W. P. Susatyo, and D. Pujotomo, “ENGINEERING,†Ind. Eng. Online J., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2017.