KETERCAPAIAN DAN KENDALA IMPLEMENTASI MBKM DI PRODI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3441Keywords:
Ketercapaian, Kendala, Implementasi MBKM, BKP MBKM, Pandemik Covid-19.Abstract
Kemerdekaan Belajar yang dikenalkan melalui “Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)†telah memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan khususnya Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang. Merdeka dari birokratisasi dimana dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa yang diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai. Program ini telah dilaksanakan oleh program studi Teknik Sipil pertama kali pada Semester Gasal 2021-1 Tahun 2021. Ketercapaian program ini diikuti dengan berjalannya beberapa bentuk kegiatan pembelajaran adaptasi dari 8 (delapan) bentuk kegiatan pembelajaran yang disuguhkan oleh program MBKM. Diantaranya meliputi Magang/Praktik Industri, Proyek di Desa, Pertukaran Pelajar, Penelitian/Riset, Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Proyek Kemanusiaan, dan Mengajar di Sekolah. Beberapa bentuk kegiatan pembelajaran yang telah diserap oleh program studi Teknik Sipil adalah kegiatan pembelajaran Magang/Praktik Industri, Pertukaran Pelajar, dan Penelitian/Riset. Ketercapaian implementasi program MBKM di lingkup program studi Teknik Sipil dipengaruhi oleh beberapa aspek penilaian serta analisis kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran MBKM. Dari metode penelitian kualitatif ini didapatkan prosentase ketercapaian implementasi MBKM di Prodi Teknik Sipil sebesar 49.53% dan didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa sebagian besar kendala berasal dari kendala rekognisi, kendala dana, kedalam pandemik Covid-19, serta skema pembelajaran daring yang kurang efektif. Kendala-kendala tersebut secara tidak langsung menghambat proses implementasi MBKM dengan berkurangnya minat mahasiswa dalam keterlibatannya terhadap bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran MBKM yang disuguhkan oleh program studi.References
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Saku panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Fuadi, T.M. & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614.
Hendrik, A. E. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar dalam Proses Pembelajaran di Kampus IAKN KUPANG-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol 4(2): 201-209.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
Lhutfi, I. (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Policy: How Does It Affect the Sustainability on Accounting Education in Indonesia?. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol 15 (2): 243-253.
Nurwardani, P. (2020). Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
Priarmoko, S. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 dalam Perspektif Experiental Learning Theory. Jurnal At-Thullab , Vol 4 (1): 1-15.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Tinggi, D. J. P. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.