ANALISIS MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL TERHADAP BKP MBKM DI UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG

Authors

  • Abdul Halim Program Studi S1 Teknik Sipil, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang Program Studi S1 Teknik Sipil, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang
  • Riman Riman Program Studi S1 Teknik Sipil, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3442

Keywords:

Pasca Pandemi, Pembelajaran, Minat, MBKM

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang beradaptasi dengan kebiasaan baru, termasuk dalam proses pembelajaran di Kampus. Daring merupakan salah satu strategi dalam proses pembelajaran di Masa Pandemi, namun setelah Masa Pandemi melandai, dibutuhkan satu sistem pembelajaran Pasca Pandemi, yaitu Program MBKM ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat Mahasiswa di Lingkungan Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang dalam memilih BKP-MBKM. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Kuantitif dengan cara menyebar Quesioner serta Google Form dalam mengumpulkan jawaban dari Responden. Penelitian ini dilakukan di Lingkungan Prodi Teknik Sipil, dengan responden seluruh mahasiswa Teknik Sipil dari Semester I hingga Semester VII. Dengan ini menghasilkan bahwa pada penilaian beban pelaksanaan, BKP-Magang menjadi program BKP-MBKM yang paling di minati dengan jumlah skor sebanyak 630, sedangkan BKP-KKN Tematik menjadi program BKP-MBKM yang kurang di minati dengan Jumlah skor 44. Selanjutnya pada penilaian hard skill, BKP-Magang menjadi program BKP-MBKM yang paling di minati dengan jumlah skor sebanyak 486, sedangkan BKP-Studi/Proyek Independen menjadi program BKP-MBKM yang kurang di minati dengan jumlah skor 82. Terakhir yakni pada penilaian soft skill, BKP-Magang menjadi program BKP-MBKM yang paling di minati dengan jumlah skor sebanyak 996, sedangkan BKP-Penelitian menjadi program BKP-MBKM yang kurang di minati dengan jumlah skor 164.

References

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al-Banjari. Jurnal Al-Bidayah, 8(1), 43-44.

Emzir (2008), Metodologi Penelitian Pendidikan_Kuantitatif & Kualitatif (Korelasional, Eksperimen, Ex Post Facto, Etnografi, Grounded Theory, Action Research, (Jakarta, Rajagrafindo Persada,), hlm. 28.

Admin Google. (2021), Google Form. Diambil kembali dari Google Form: https://docs.google.com/forms/d/1zl3xnTqTMKOCJc7Hj5CavcX6-tOFDsuzGyQ42lXGjxc/edit

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka