IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: MINAT DAN KENDALA MBKM PERTUKARAN PELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3443Keywords:
Minat, Kendala-Kendala, Penerapan MBKM, BKP Pertukaran Pelajar, Kesepakatan MitraAbstract
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk diberikan kebebasan dalam memilih bidang yang mereka sukai, salah satunya yaitu BKP Pertukaran Pelajar yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang. Program Ini dilaksanakan pada Semester Gasal 2021_1 Tahun 2021 oleh program studi Teknik Sipil. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus yang Analisis data menggunakan data dari hasil observasi, wawancara, dan catatan lapangan selama proses pelaksanaan kegiatan pertukaran pelajar diberikan kepada sebanyak 14 mahasiswa Teknik Sipil dari Universitas Widyagama Malang yang telah melaksanakan program BKP Pertukaran Pelajar di Universita Merdeka Madiun, Universitas Islam Balitar, dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Dan didapatkan hasil sebagian kendala yang dialami oleh mahasiswa selama mengikuti program BKP Pertukaran Belajar, yaitu perkuliahan yang masih online menyebabkan kurangnya komunikasi dengan dosen maupun mahasiswa, kuota yang menipis, kesulitan mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, dan tak lupa juga terkait dengan masa pandemik Covid-19 yang belum berakhir sampai saat ini. Hal tersebut secara tidak langsung menjadi penghambat dalam proses penerapan MBKM BPK Pertukaran Pelajar yang menyebabkan kurangnya minat mahasiswa untuk ikut terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang disuguhkan oleh program studi. Namun, dengan perkuliahan secara online ada sedikit penghematan bila dibandingkan perkuliahan secara offline, karena apabila dilakukan secara online mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Selain itu, program studi teknik sipil uwg juga membuat beberapa kesepakatan dengan ketiga mitra yaitu Universita Merdeka Madiun, Universitas Islam Balitar, dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.References
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Saku panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
Nurwardani, P. (2020). Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
Tinggi, D. J. P. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Insani, N.N., Fitriasari, S. & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial. 5(2), 245-251.
Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Widyagama Malang
Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Kurikulum Pendidikan Tinggi Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang