REKOGNISI DAN KENDALA YANG DIHADAPI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG DALAM IMPLEMENTASI MBKM

Authors

  • Abdul Halim gram Studi S1 Teknik Sipil, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3445

Keywords:

Rekognisi, MBKM

Abstract

Untuk mengantisipasi perkembangan zaman yang terjadi begitu cepat, Kemendikbud menawarkan sebuah konsep MBKM. Konsep ini menyuarakan adanya kemerdekaan dalam belajar dengan maksud mempersiapkan mahasiswa lulusan perguruan tinggi, baik negeri atau swasta. Semua perguruan tinggi harus memfasilitasi hak mahasiswa untuk dapat mengikuti program MBKM dalam 8 bentuk kegiatan pembelajaran, tidak terkecuali Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang.  Untuk menjalankan program MBKM prodi Teknik Sipil telah berhasil membuat buku pedoman pelaksanaan MBKM dan kurikulum MBKM termasuk rekognisinya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara rekognisi dan kendala dalam pelaksanaan implementasi MBKM oleh Prodi Teknik Sipil Universitas Widyagama, dengan metode kajian pustaka terhadap pedoman MBKM dan kurikulum MBKM prodi Teknik Sipil serta simulasi rekognisi untuk kegiatan 7 BKP MBKM selama 2 semester. Hasil penelaahan pedoman kurikulum Prodi Teknik Sipil, rekognisi yang digunakan memakai bentuk terstruktur untuk BKP pertukaran pelajar baik di dalam Universitas Widyagama maupun di luar dengan pengakuan sesuai SKS mata kuliah yang diprogramkan. Untuk kegiatan 7 bentuk kegiatan pembelajaran selain pertukaran pelajar rekognisi yang digunakan adalah bentuk bebas yang dinyatakan dalam kegiatan hard skill dan soft skill. Kendala dalam pelaksanaan rekognisi apabila mahasiswa mengambil 7 bentuk kegiatan pembelajaran selain pertukaran pelajar, sebanyak 2 semester hanya bisa disetarakan 8 – 12 SKS.

References

REFERENSI

Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).

Fatmawati, E. (2020) Dukungan Perpustakaan dalam Implementasi “Kampus Merdeka Merdeka Belajarâ€. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076-1087.

Fitrah: Journal of Islamic Education P-ISSN : 2723-3847 Vol. 1 No. 1Juni 2020 E-ISSN : 2723-388X Available online at http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah KONSEP KAMPUS MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Hendrik, A. E. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar dalam Proses Pembelajaran di Kampus IAKN KUPANG-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol 4(2): 201-209.

Lhutfi, I. (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Policy: How Does It Affect the Sustainability on Accounting Education in Indonesia?. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol 15 (2): 243-253.

Muslikh. (2020). Landasan Filosofi dan Analisis Terhadap Kebijakan MBKM. Jurnal Syntax Transformation, Vol. 1 (3): 40-46.

Priarmoko, S. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 dalam Perspektif Experiental Learning Theory. Jurnal At-Thullab , Vol 4 (1): 1-15. Siregar, N. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Islamic Education, Vol. 1(1): 141-157.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 5, No. 2, Januari 2021 : 603-614 http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi 614 ISSN 2548-8848 (Online) Kampus Merdeka dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola, Vol. 2 (3): 203-219.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka