STRATEGI IMPLEMENTASI MBKM DI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG

Authors

  • Diky Siswanto Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Sabar Setiawidayat Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Istiadi Istiadi Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Faqih Rofii Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3447

Keywords:

strategi, implementasi, MBKM, program studi

Abstract

Lulusan perguruan tinggi (PT) perlu mampu bersaing di dunia kerja, melakukan studi lanjut, ataupun usaha mandiri. Agar kompetitif di era Industri 4.0, kompetensi mahasiswa perlu diperkuat dengan soft skill, kompetensi penunjang di luar core competence serta kemampuan adaptasi terhadap perubahan. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) membebaskan mahasiswa mengikuti pembelajaran di luar program studi (prodi)., yang memberi peluang memperkaya kompetensi yang relevan dengan perkembangan jaman. Tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan adalah perumusan kebijakan di tingkat PT serta implementasi MBKM. Pendekatan yang dilakukan adalah (1) perumusan Kebijakan PT dan penyusunan Panduan implementasi MBKM; (2) pengembangan Kurikulum berbasis MBKM; (3) penyusunan Prosedur Operasional Baku MBKM; (4) pengembangan model kerja sama kurikulum antara Prodi dengan mitra eksternal; serta  (5) Implementasi program MBKM. Dari kegiatan diatas diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, implementasi pembelajaran MBKM bisa membantu memberdayakan hingga mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Kedua, implementasi MBKM berpeluang menjadi akselerator pengembangan internal lembaga serta mendorong prodi dan PT membangun sinergi lebih luas dengan mitra. Ketiga, model rekognisi hybrid dari pembelajaran MBKM memungkinkan tidak perlu mengubah struktur kurikulum yang ada serta mempermudah rekognisi kegiatan ke dalam sks. Keempat, penerapan kurikulum OBE bisa mengoptimalkan rekognisi kegiatan MBKM. Pada akhirnya, pelaksanaan MBKM di tingkat prodi menunjang tercapainya IKU PT.

References

Agus Sumartono, Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. 2012, pp. 1–12.

M. R. Asmawi, “Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi,†MAKARA, Sos. Hum., vol. 9, no. 2, pp. 66–71, 2005.

LL-DIKTI VII, Laporan Kinerja. Surabaya: LL-DIKTI VII, RISTEKDIKTI, 2020.

S. Chalid, “Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi,†in Seminar Internasional Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia, 2012, pp. 115–120, [Online]. Available: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/42.

Aris Junaidi et al., Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Ed. IV. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, KEMDIKBUD, Republik Indonesia, 2020.

Tim Penulis, Studi Pembelajaran Penanganan COVID-19 di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2021.

D. Wahyuni, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Republik Indonesia, 2020, pp. 1–76.

DIRBELMAWA, Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Ed. 1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, KEMDIKBUD, Republik Indonesia, 2020.

DIRJEN DIKTI, Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri, Ed. 2. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, KEMDIKBUD, Republik Indonesia, 2021.

Dewi Wulandari et al., Panduan Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, DIRJEN-DIKTI, KEMDIKBUD, 2021.

Rektor UWG, Peraturan Rektor Universitas Widyagama Malang No. 01 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran. Republik Indonesia, 2020, pp. 1–26.

Rektor UWG, Peraturan Universitas Widyagama Malang No. 01 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja. 2013, pp. 1–27.

H. Wahyudi and I. A. Wibowo, “Inovasi dan Implementasi Model Pembelajaran Berorientasi Luaran (Outcome-Based Education, OBE) dan Washington Accord di Program Studi Teknik Mesin Universitas Mercu Buana,†J. Tek. Mesin, vol. 07, no. 2, pp. 50–56, 2018.

Pusat Prestasi Nasional, “Kontes Robot Terbang Indonesia 2021,†Portal Resmi - Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal KEMDIKBUDRISTEK, 2021. https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id (accessed Dec. 26, 2021).

IT DIRBELMAWA, “Pengumuman Pendanaan PKM 2021 – DIKTI,†Portal Resmi - DIR-BELMAWA-DIKTI, 2021. https://simbelmawa.kemdikbud.go.id (accessed Dec. 26, 2021).

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka