PENGEMBANGAN KURIKULUM TEKNIK ELEKTRO BERBASIS KSKI-MBKM
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3448Keywords:
Kurikulum pendidikan tinggi, KKNI, SNPT, KSKI-MBKMAbstract
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengekplorasi model pengembangan kurikulum Teknik Elektro Universitas Widyagama Malang berbasis Kerja Sama Kurikulum Dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (KSKI-MBKM). Pengembangan kurikulum perguruan tinggi wajib mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI). Di era Revolusi Industri 4.0, tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam pengembangan kurikulum adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi data, teknologi, dan literasi manusia yg berakhlak mulia. Pengembangan kurikulum sebagaimana merujuk Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 terdiri dari penetapan profil lulusan dan perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL); penetapan bahan kajian dan pembentukan mata kuliah; penyusunan matriks organisasi mata kuliah dan peta kurikulum; Penetapan mata kuliah rekognisi hasil dari kegiatan MBKM; pembuatan perangkat pembelajaran; dan pembuatan panduan pelakksanaan MBKM.References
M. Tohir, “Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,†2020.
D. Sopiansyah, S. Masruroh, Q. Y. Zaqiah, and M. Erihadiana, “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka),†Reslaj Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 4, no. 1, pp. 34–41, 2022.
S. Arifin, “Desain Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai dengan KKNI & SN-Dikti Dengan Pendekatan OBE di Era Industri 4.0,†2021.
M. R. Baharuddin, “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi),†J. Studi Guru Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 195–205, 2021.
S. Arifin, “Kebijakan Disruptif Pendidikan Tinggi,†Arsip Publ. Ilm. Biro Adm. Akad., 2020.
M. Martini et al., Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Pendidikan Tinggi. Media Sains Indonesia, 2021.
B. Widodo, “Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi,†in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2021, vol. 4, pp. 1–7.
M. Suryaman, “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,†in Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2020, vol. 1, no. 1, pp. 13–28.
H. R. Sabriadi and N. Wakia, “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi,†Adaara J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 2, pp. 175–184, 2021.