IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MBKM MELALUI PROYEK INDEPENDEN PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL UMKM GRASIMA DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN

Authors

  • Mokhamad Syamsul Arif Universitas Widyagama Malang
  • Arief Rizki Fadhillah Universitas Widyagama Malang
  • Windya Oktaviara Santi Universitas Widyagama Malang
  • Salshabilla Devy Rachmaningrum Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3520

Keywords:

UMKM, Pemasaran, Rajutan, Instagram

Abstract

Pada Era digital sekarang ini, pemasaran secara konvensional dinilai sudah tidak efektif dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, dalam kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ini, dilakukan sebuah program kerja tentang bagaimana cara untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dari salah satu UMKM di kota Malang, yaitu UMKM Grasima, dengan memanfaatkan social media. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan memperluas jangkauan pemasaran UMKM Grasima Malang dengan memanfaatkan adanya teknologi informasi dan komukasi. Hasil dari data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi selama proses pelatihan berlangsung, di ketahui bahwa pendapatan yang di peroleh UMKM Grasima Malang terbilang rendah. Hal tersebut di indikasikan terjadi karena pemasaran yang masih menggunakan promosi dari mulut ke mulut (offline), sehingga jangkauan pasarnya masih terbatas. Oleh karena itu, Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) pada kesempatan ini membantu UMKM Grasima menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan cara membuat akun pada media sosial Instagram dengan pelatihan pengelolaan, foto produk, caption yang informatif, serta tata kelola konten yang menarik. Dengan demikian, UMKM Grasima Malang akan menjadi usaha yang semakin berkembang melalui sistem pemasaran digital.

References

Sangaji, H. (2018). PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram lavanilla_photography). Uniska. https://repository.uniska-bjm.ac.id/350/

Priyatna, C. C., Prastowo, F. A. A., & Syuderajat, F. (2020). DIGITAL MARKETING UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Kasus Pada Coffeestrip Bandung). Dharmakarya, 9(4), 283. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.29478

Srirejeki, K. (2016). Analisis Manfaat Media Sosial Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 7(1), 57–68. https://media.neliti.com/media/publications/233770-aplikasi-media-sosial- untuk-pemberdayaan-8768e77d.pdf

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka