STRATEGI BAURAN PEMASARAN UMKM KOPERASI SEMAYANG DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4274Keywords:
Produk, Harga, Tempat, Promosi, OrangAbstract
Kondisi pandemi covid 19 memaksa pelaku usaha untuk semakin bervariasi dan kompetitif hal ini juga memaksa para pelaku umkm khususnya koperasi semayang agar memiliki perubahan baik inovasi maupun kreativitas. Sebab mau tidak mau adanya covid 19 membatasi aktivitas dan pergerakan pemasaran yang hal ini juga memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung bagi koperasi semayang. Khususnya dalam pemasaran produk mereka, hal ini disebabkan oleh penurunan daya beli masyarakat dan penurunan konsumsi masyarakat. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah untuk mengetahui efektektivitas bauran pemasaran yang dilakukan saat pandemi secara empiris agar diperoleh kontribusi nyata dan menentukan langkah-langkah sebagai masukan bagi Koperasi Semayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menemukan bahwa bauran pemasaran berupa produk, harga dan tempat berjalan cukup baik dan efektif namun untuk promosi dan orang belum maksimal dan tidak berjalan efektif.References
Kotler, P dan K.L. Keller. 2016. Marketing Management. Edisi 15. Pearson Education Limitied
Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Anugrah Jaluseta, R. 2020. Efektivitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal MANOVA. Vol. 2. Nomor (2).
Indrawati Pradnya. A. K., Sudiarta N. I., dan Suardana W. I. 2017. Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata. Vol. 17, Nomor (2) Kementrian koperasi dan UMKM
Beni Pekei. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1.Jakarta Pusat : Taushia
Gaswindarni, Nadya.2018. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Denim Club Indonesia Balikpapan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan.
Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Erlangga, Jakarta
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mardiasmo.(2016).Efisiensi dan Efektifitas.Jakarta: Andy.
Martani dan Lubis, 2001. Efektivitas organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.