PENGARUH JKT48 DAN BCL SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE XIAOMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4282Keywords:
Brand Ambassador, Brand Image, Minat Beli, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh secara langsung brand ambassador, brand image dan minat beli terhadap keputusan pembelian Xiaomi juga menguji peran minat beli sebagai variabel intervening pada keputusan pembelian. Sampel penelitian 100 orang pengguna smartphone Xiaomi di Yogyakarta, berusia 17 tahun keatas, dan mengetahui bahwa JKT48 dan BCL merupakan brand ambassador Xiaomi. Menggunakan kuesioner. Sebagai instrument penelitian. Data diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli terbukti sebagai variabel intervening yan menghubungkan brand ambassador dan keputusan pembelian, juga brand image terhadap keputusan pembelian.References
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Keller, Kevin Lane. (2013). “Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Global Edition, 4eâ€. Pearson Education Limited: Edinburgh.
Mursid (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kharisma, L., & Hutasuhut, S. (2019). Peran Mediasi Minat Beli pada Pengaruh Brand ambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Niagawan, 8(3), 197-215.
Fitriahningsih, A. S. C. (2020). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Dewi, R. N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Ejournal Administrasi Bisnis, 7(4), 2019.
Yoel, D. A., Massie, J. D., & Tielung, M. V. (2021). Pengaruh Brand image Dan Brand ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era New Normal Pandemi Covd-19 Pada Baskin-Robbins Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 136-144.
Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli, dan testimoni terhadap keputusan pembelian (studi pada situs jual beli online shop shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur periode februari–april 2018). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21-34.
Adriana, N. C., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Brand image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 198-208.
Syahroq, K. F., Purnomo, H., & Soejoko, D. K. H. (2021). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Busana Merek 3second. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 18(1), 137-150.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Royan, Frans M. (2004). Marketing selebritis: Startegi dalam iklan dan strategi selebritis memasarkan diri sendiri. Jakarta: PT. Media Elx Komputindo.
Chofiyatun, S. N. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Brand ambassador Terhadap Minat Beli Melalui Brand image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan SmartPLS. Batam: Universitas Batam.
Kharisma, L. (2018). Pengaruh Brand ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Medan Napoleon (Doctoral dissertation, UNIMED).
Salfina, L., & Gusri, H. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap minat beli pakaian anak-anak studi kasus Toko Rizky dan Afdal Pariaman. Jurnal Indovisi, 1(1), 232801.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi & aspek tambahan komunikasi. Pemasaran. Terpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta: Erlangga.
Sumpu, N., & Tumbel, A. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.