REPUTASI MEREK DAN PERAN MEDIASI KEUNGGULAN BERSAING PADA KINERJA UKM BATIK DI MALANG

Authors

  • Wahju Wulandari Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang
  • Sodik Sodik Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4284

Keywords:

Reputasi Merek, Keunggulan Bersaing, Batik, UKM

Abstract

Kondisi pandemi covid-19 mulai turun dan dunia bisnis hidup kembali. Usaha batik di Malang, sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM) juga mulai membaik. Persaingan usaha mulai ada dan daya beli masyarakat membaik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja UKM batik Malang bukan dari segi keuangan dan pertumbuhan penjualan, namun lebih ditekankan pada reputasi merek dan keunggulan bersaing. Penelitian eksploratif ini, untuk mengukur kinerja UKM Batik melalui variabel reputasi merek dan keunggulan bersaing. Pengumpulan data dengan kuesioner, purposive sampling dipilih, jumlah sampel 32. Analisis data untuk menguji hipotesa dengan Smart PLs versi.3.0. Hasil penelitian (1) reputasi merek berpengaruh langsung pada kinerja UKM; (2) reputasi merek tidak berpengaruh langsung pada keunggulan bersaing; (3) keunggulan bersaing berpengaruh langsung pada kinerja UKM; (4) reputasi merek tidak berpengaruh langsung dan original sampel negatif pada kinerja UKM melalui keunggulan beraing. Artinya, ukuran kinerja UKM Batik semakin tinggi menyebabkan reputasi merek turun, karena brand image sudah di kenal konsumen. Persepsi konsumen positif pada merek tersebut. Dan peran reputasi merek akan memberikan promosi yang langgeng selama peran merek terus terjaga dengan baik. Disamping itu, keunggulan bersaing terutama mutu produk memberikan peran penting bagi ukuran kinerja usaha batik (UKM) di Malang.

References

A. M. Fauni and A. Wahyudin, “Factors Influencing The Business Performance of SMES Convections in Kudus,†vol. 6, no. 2, pp. 124–133, 2017.

L. R. Utami, “Efek Balance Scorecard Terhadap Penentuan Strategi Perusahaan,†J. Bisnis dan Ekon., vol. 24, no. 1, pp. 62–74, 2017, [Online]. Available: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/5564.

S. Ballard and J. A. Johnson, “The kepler dichotomy among the m dwarfs: half of systems contain five or more coplanar planets,†vol. 12/16/11, no. 11, pp. 1–12, 2014.

A. Hussain, E. O. C. Mkpojiogu, N. H. Jamaludin, and S. T. L. Moh, “A usability evaluation of Lazada mobile application,†AIP Conf. Proc., vol. 1891, no. October 2017, 2017, doi: 10.1063/1.5005392.

C. E. Susanti, “The effect of brand reputation on brand loyalty through brand trust on yoga tourist destination in Ubud, Bali, Indonesia,†J. Crit. Rev., vol. 7, no. 8, pp. 1160–1165, 2020, doi: 10.31838/jcr.07.08.242.

S. Maemunah, “THE EFFECT OF CORPORATE REPUTATION AND SUSTAINABLE INNOVATION STRATEGY ON BUSINESS PERFORMANCE IN AUTOMOTIVE COMPANIES,†Bus. Entrep. Rev., vol. 18, no. 1, pp. 65–74, 2018, doi: 10.25105/ber.v18i1.5305.

D. R. Tairas, “The Influence of Strategic Leadership and Dynamic Capabilities through Entrepreneurship Strategy and Operational Strategy in Improving the Competitive Advantage of Private Universities in Jakarta , Indonesia,†vol. IV, no. Ii, pp. 8–18, 2016.

wardhani, “The Effect of Intangible Asset On Competitive Advantage and Firm Performance; Study on Budget Accommodation in Semarang City,†SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 8, no. 2, pp. 383–404, 2021, doi: 10.15408/sjsbs.v8i2.19987.

A. Kelimeler, M. Geli, and M. K. Tarihi, “Uluslararası Halkla İlişkiler ve Reklam Çalışmaları Dergisi G . Banu DAYANÇ KIYAT * Coşkun KAYA ** Özet Araştırma Makalesi RELATIONSHIPS BETWEEN INTERNAL MARKETTING AND PERCEPTION OF CORPORATE REPUTATION Abstract,†pp. 54–87, 2022.

G. A. Makalew, L. L. Mananeke, and H. N. Tawas, “ANALISIS PENGARUH REPUTASI MEREK, KUALITAS LAYANAN, DAN LOYALITAS NASABAH TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA NASABAH TAPLUS ANAK PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG UTAMA MANADO),†vol. 4, no. 3, pp. 531–544, 2016.

H. Musa, N. A. Rahim, F. R. Azmi, A. S. Shibghatullah, and N. A. Othman, “Social media marketing and online small and medium enterprises performance: Perspective of Malaysian small and medium enterprises,†Int. Rev. Manag. Mark., vol. 6, no. 7 Special Issue, pp. 1–5, 2016.

M. Sihite, E. T. Sule, Y. Azis, and U. Kaltum, “Gain competitive advantage through reputation,†South East Asia J. Contemp. Business, Econ. Law, vol. 10, no. 3, pp. 22–31, 2016.

W. Wulandari, R. N. Sari, and A. A. L, “PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING,†J. Ekon., vol. 21, no. 3, pp. 462–479, 2016, doi: 10.24912/je.v21i3.31.

D. M. K. Asyhari, Sri Hindah Pudjihastuti, “PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA USAHA Peran mediasi keunggulan kompetitif pada faktor determinan kinerja bisnis UKM di sentra tenun batik di Jawa Tengah,†JJ u r n a l S i a s a t B i s n i s, vol. 22, no. 2, pp. 111–131, 2018, doi: 10.20885/jsb.vol22.iss2.art1.

P. N. M. Isra Ul Huda, Anthonius J. Karsudjono, “PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH DENGAN VARIABEL INTERVENING KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UKM DI BANJARMASIN),†J. Mitra Manaj. (JMM Online), vol. 4, no. 3, pp. 392–407, 2020.

P. H. Afiyati1*, Sri Murni2, “KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM DI KABUPATEN PURBALINGGA,†J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 21, no. 3, 2019.

Ananda Sabil Hussein, Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares ( PLS ) dengan smartPLS 3 . 0. 2015.

N. M. Wahyuni and I. M. Sara, “Market Orientation and Innovation Performance : Mediating Effects of Customer Engagement in SMEs,†vol. 23, no. 1, pp. 28–37, 2020, doi: 10.14414/jebav.v23i1.2040.ABSTRACT.

Rosa Harimurti and T. Suryani, “THE IMPACT OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT ON SERVICE QUALITY , CUSTOMER ENGAGEMENT , AND CUSTOMER LOYALTY IN,†vol. 21, no. 2, pp. 95–103, 2019, doi: 10.9744/jmk.21.2.95.

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship