VIRTUAL ICE BREAKING PADA PELATIHAN ONLINE METODE SYNCRONOUS; PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4304Keywords:
Virtual Ice Breaking, Pelatihan Daring, Psikologi Komunikasi, Metode Syncronous.Abstract
Umumnya manusia memiliki rentang perhatian terhadap sesuatu dalam durasi yang sangat terbatas yang berakibat kepada potensi beralihkannya focus dan perhatian peserta pada pelatihan daring (online). Kejenuhan atau kehilangan fokus dalam sebuah proses pelatihan, tidak terlepas dari proses komunikasi yang berlangsung. Penelitian ini berfokus pada pelatihan daring dengan metode synchronous perspektif Psikologi Komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan manfaat virtual ice breaking pada pelatihan daring berdasarkan perspektif psikologi komunikasi dalam membangun sensasi dan persepsi peserta pelatihan daring guna menciptakan efektivitas komunikasi sesuai harapan. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan kajian pustaka. Adapun teori yang digunakan adalah Teori Pembawaan Diri oleh Erving Goffman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas virtual ice breaking dapat memberikan manfaat kepada peserta pelatihan daring bukan hanya sebagai pelengkap namun juga pendukung terciptanya situasi pelatihan menjadi menyenangkan, lebih  cair, dan berkesan bagi  audiens meski tidak berada dalam sebuah lokasi yang sama. Virtual Ice Breaking mampu menarik perhatian, menghibur, refreshing dan rileksasi, membangun teamwork yang solid, menyampaikan informasi dan persuasif, media saling mengenal satu sama lain, memfasilitasi serta memanfaatkan waktu yang tersedia. Improvisasi, kreativitas, pemilihan diksi serta penggunaan bahasa tubuh yang tepat sangat membantu seorang ice breaker, trainer, maupun fasilitator dalam menciptakan komunikasi instruksional yang efektif sehingga manfaat dari virtual ice breaking dirasakan oleh semua peserta.References
Bonk, C. J. 2002. Online Training In An Online World. Bloomington, IN: CourseShare. com.
Waluyo, Adi. 2020. Amazing Virtual Ice Breaker, Panduan Praktis Virtual Ice breaking, Yogyakarta: Diandra Creative.
Chin, Alycia & Markey, Amanda & Bhargava, Saurabh & Kassam, Karim & Loewenstein, George., 2017.
Rakhmat, Jalaluddin. 2018. Psikologi Komunikasi (Revisi), Bandung: Simbiosa Rekatama
Waluyo, Adi.. 2022. Amazing Online Facilitator, Panduan Fasilitasi Program Dan Kegiatan Daring, Yogyakarta: Diandra Creative.
Sukmajadi, B., & Simanjuntak, I. E. 2021. Powerfull Ice Breaking. Yogyakarta
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak.
Helaludin dan Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Biantoro, O. F., Ruwandi, R., & Munif, M. 2022. Efektivitas Penggunaan Ice breaking dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Ilmu Tauhid, Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12 (1), 34-47.
Bored in the USA: Experience Sampling and Boredom in Everyday Life. Emotion (Washington, D.C.). 17. 359-368. 10.1037/emo0000232.
Dursun, Pinar. 2016. On The Nature of Boredom, Mediterranean Journal of Humanities. 6. 209-209. 10.13114/MJH.2016.294.
Effy W, Maryam. 2019. Buku Ajar Psikologi Sosial “Psikologi Sosial: Penerapan dalam Permasalahan Sosialâ€. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Kholisoh, N. 2021. Efektivitas Penggunaan Metode Ice breaking Pada Pem-belajaran Daring di Era Pandemi Covid-19, Skripsi. Jakarta: Fakultas Tarbiyah, Institut Ilmu Al’Quran (IIQ).
Littlejohn, Stephen W. 2022. Ensiklopedia Teori Komunikasi (Jilid 1), Jakarta: Kencana Prenada Media.
Littlejohn, Stephen W. 2022. Ensiklopedia Teori Komunikasi (Jilid 2), Jakarta: Kencana Prenada Media. Mulyana, Deddy, 2015. Komunikasi Efektif; Suatu Pendekatan Lintas Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Padhye, V. Firoiu, and D. Towsley, “A stochastic model of TCP Reno congestion avoidance and control,†Univ. of Massachusetts, Amherst, MA, CMPSCI Tech. Rep. 99-02, 1999. Wireless LAN Medium Access Control (MAC) and Physical Layer (PHY) Specification, IEEE Std. 802.11, 1997.
Media. Ritonga, Husni, 2019. Psikologi Komunikasi, Medan: Perdana Publishing
Riyana, C. 2020. Konsep pembelajaran online. Modul Pembelajaran On-Line, 1.
Samudra Biru. Sunarto. 2012. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Yuman Pressindo.
Wibowo, N., Suswandari, M., & Widyastuti, E. 2022. Strategi Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 150-158.J.
Anne Ahira. 2014. Teori Psikologi Komunikasi. Diambil dari http://www.anneahira.com/teori- psikologi-komunikasi, diakses 22 Oktober 2022.
Kelas Pintar. 2020. Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data Kualitatif, diambil dari https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/jenis-jenis-teknik-pengumpulan-data-kualitatif- 3181/, diakses 22 Oktober 2022.
Teddy Tri Setio Berty, 2020. “Jelaskan Durasi Rata-Rata Manusia Tak Bisa Konsentrasi Saat Meeting Zoomâ€,diambil dari https://www.liputan6.com/global/read/4399936/ahli-jelaskandurasi- rata-rata-manusia-tak-bisa-konsentrasi-saat-meeting-zoom, diakses 22 Oktober 2022.