MERANCANG STRATEGI PENJUALAN PRODUK BARU DENGAN METODE SWOT PADA USAHA KECIL MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4360Keywords:
UKM, Strategi Pemasaran, SWOT, Diagram Pareto, FishboneAbstract
Penulis melakukan penelitian ini pada UKM tahu karena usaha ini mengalami kesulitan dalam memasarkan produk baru dari UKM ini yaitu tempe menjes, dimana usaha utama dari UKM ini adalah tahu, sedangkan tempe menjes merupakan produk tambahan untuk meningkatkan pendapatan dan produktivitas UKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fishbone dan diagram Pareto, yang digunakan untuk identifikasi awal yang dapat diterapkan untuk mendukung strategi pemasaran produk tempe menjes di UKM tersebut. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat faktor internal dan eksternal sebagai strategi pemasaran. Fishbone dan diagram pareto menunjukkan bahwa faktor internal memiliki kekuatan dan kelemahan, hal ini menunjukkan adanya UKM yang memiliki modal usaha sendiri, pekerja yang berpengalaman dalam pembuatan tahu, tempe. Sedangkan faktor eksternal adalah peluang dan ancaman dimana UKM sudah memiliki pasar dan pelanggan. Kondisi saat ini memiliki beberapa kendala seperti menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, jenis produk yang lebih banyak, perkembangan teknologi yang pesat dan banyak bisnis sejenis. Hal ini berdampak pada bisnis yang dijalankan secara konvensional seperti UKM.References
Gagok Setiawan, dkk. 2018. Peningkatan Penjualan Produk Kain Tenun Ikat “Paradila†Dengan Pendekatan SWOT Di Dukung Analisis Marketing Mix (4P) Dan Quality Function Deployment (QFD).
Prima Vitasari,dkk. 2021. Merancang Strategi Penjualan Dengan Metode SWOT Untuk Produk Usaha Kecil Menengah, Vol.4 No.5
Achmad Bahauddin, dkk.2020. Pengendalian Kualitas Produk Tepung Kemasan 20 kg Menggunakan Sig Sigma. Journal Industrial Servicess. Vol 6 No 1 (2020).
Fajri Pratama Arifiardy, dkk. 2020. Pengendaalian dan Penjaminan Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma Pada Departemen Produksi PT.AIMFOOD MANUFACTURING INDONESIA. Industrial Engineering Online Journal. Vol 11 No 4 (2022)
Hanif Lukman Hakim, dkk. 2021. Analisa Dan Rancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Umi Collection. Jurnal IDEALIS.
Indah Kuswardani, dkk.2020. Analisis Kualitas Produk Telor Persada Farm Dusun Argopeni Desa Sudimoro Kecamatan Srumbung Kab.Magelang. Jurnal Dinamika Sosial. Vol 21 No 2 (2020)
Mukhammad Arifudin, 2018. Analisis Pengendalian Kualitas Tahu Takwa Dengan Metode Seven Tools Di UD. GTT-Kediri.
Muh.Agus Ferdian, dkk.2022. Analisis Pengendalian Mutu Pada Proses Produksi Kripik Pisang Batu UKM XYZ Di Kabupaten Malang. Jurnal Green House Vol.1 No.1 Juli 2022.
Nur Aini,dkk.2022. Bread Flour Quality Control With Fishbone Diagram Dan Pareto Diagram Analysis. JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri. Vol 3 No 1 (2022).
Rini Prasetyani, 2021. Analisis Six Sigma Dalam Upaya mengurangi Produk Cacat Pada Bagian Proses Produksi Kripik Singkong Tawar Di CV. Sarach Cake And Snack (SCS). Jurnal Rekayasa Dan Optimasi Sistem Industri. Vol 3 No 1 (2021).
Sopyan Saori, dkk. 2021. Analisis Pengendalian Mutu Pada Industri Lilin. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.10 Maret 2021.
Suci Apsari Febrianti, dkk. 2021. Identifikasi Permasalahan Kualitas Garam Industri Di PT. Niaga Garam Cemerlang Menggunakan Check Sheet, Pareto Chart dan Fishbone. Analisis Jurnal Ilmu Teknik Vol.2 No.3 September 2021.
Winda. 2021. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pada Usaha Keripik Pisang Chips Banana Kriy Di Kabupaten Pelalawan.