PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN METODE 4-D BERBASIS DIGITAL DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4365Keywords:
Kewirausahaan, Digital, Kompetensi 4C, 4-DAbstract
Pembentukan karakter kewirausahaan dalam proses pendidikan harus menjadi perhatian demi mencapai keunggulan dalam persaingan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kewirausahaan berbasis digital di perguruan tinggi pada mata kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi dengan rumusan kompetensi 4C (Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, dan Kreativitas). Permasalahan yang terjadi adalah software yang dihasilkan mahasiswa hanya sebatas memenuhi tugas mata kuliah, tanpa memikirkan kegunaan software yang dihasilkan sebagai sarana kewirausahaan berbasis digital bagi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah media pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Definition, Design, Development, dan Dissemination. Pengujian media literasi menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah 0,826, yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini valid dan dapat digunakan. Rata-rata hasil penilaian kepraktisan pengoperasikan media literasi kewirausahaan berbasis digital berdasarkan persepsi cendekiawan kelas eksperimen adalah 85 secara berurutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat mendorong mahasiswa untuk membuka usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis digital.References
R. W. Stone and L. Baker-Eveleth, “Factors Influencing Students’ Likelihood to Purchase Electronic Textbooks,†Interdiscip. J. e-Skills Lifelong Learn., vol. 9, pp. 089–103, 2013, doi: 10.28945/1792.
M. M. Engel, J. L. Setiawan, and L. Indriati, “Development of Cloud-Based Co-Parenting Strengthening System,†JUITA J. Inform., vol. 9, no. 2, p. 163, 2021, doi: 10.30595/juita.v9i2.11127.
R. Sefriani, R. Sepriana, P. Radyuli, and M. Hakiki, “Android-Based Blended Maintenance Lectures Learning Media for Computer,†vol. 6, no. 1, pp. 119–125, 2022.
M. Chan and M. Zhang, “Architecture Design of Datacenter for Cloud English Education Platform,†pp. 24–33, 2019.
B. Munafi’ah, “Pengembangan LKPD Berbasis Hots Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XII Akl SMKN Madiun.†pp. 52–68, 2021.
M. Aparicio, F. Bacao, and T. Oliveira, “An e-learning theoretical framework,†Educ. Technol. Soc., vol. 19, no. 1, pp. 292–307, 2016, doi: 10.2307/jeductechsoci.19.1.292.
reni dwi Susanti and siti khoiruli Ummah, “Pengembangan Bahan Ajar Open-Ended Melalui Polysynchronous Learning Berbantuan Canvas,†JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 7, no. 1, pp. 115–128, 2021.
F. Bousbahi and M. S. Alrazgan, “Investigating IT faculty resistance to learning management system adoption using latent variables in an acceptance technology model,†Sci. World J., vol. 2015, no. September, 2015, doi: 10.1155/2015/375651.
O. Candra, U. Usmeldi, D. T. P. Yanto, and F. Ismanto, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Inkuiri Untuk Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik,†JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 6, no. 1, p. 62, 2020, doi: 10.22219/jinop.v6i1.11756.
S. R. Ningsih, A. I. Suryani, and I. T. Maulana, “The Implementation of Group Investigation E-Task in Activities Learning ( GIETAL ) in Higher Education,†vol. 20, no. 2, pp. 120–133, 2022.
A. Traverso, D. Parmigiani, and V. Pennazio, “Mobile devices and development of learning strategies,†ATEE Annu. Conf. “Transitions Teach. Educ. Prof. identities,†no. August, pp. 69–80, 2014, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/282326481_Mobile_devices_and_development_of_learning_strategie
Sudarmiatin, “Entrepreneurship dan Metode Pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),†Ekon. Bisnis, vol. 14, no. 2, pp. 102–113, 2009.
S. Ningsih, S., Z. Effendi, and N. Syah, International journal of emerging technologies in learning., vol. 14, no. 18. [Kassel Univ. Press?], 2019. Accessed: May 25, 2021. [Online]. Available: https://www.learntechlib.org/p/217184/
D. Lawhon, “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook,†J. Sch. Psychol., vol. 14, no. 1, p. 75, 1976, doi: 10.1016/0022-4405(76)90066-2.
Sugiyono, “Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3.,†Metod. Penelit. Pendidik. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, pp. 22–29, 2006.
Isolihatun, “Cooperative Problem Based Learning Dengan Strategi Paket Berbantuan Cd Pembelajaran Pada Materi Diferensial,†J. Educ. Res. Eval., vol. 1, no. 2, 2012.
F. Wahyuni, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 3 Sunggal,†J. Math. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 17–29, 2017,[Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/127