KARAKTERISTIS TUGAS KELUARGA TERHADAP NILAI AKADEMIK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ari Damayanti Wahyuningrum Pediatric Nursing, STIKES Widyagama Husada, Malang, Indonesia
  • Ika Arum Dewi Satiti Pediatric Nursing, STIKES Widyagama Husada, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4375

Keywords:

Tugas Perkembangan Keluarga, Nilai Akademik, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Anak rentan sakit apabila lingkungan sehari-hari berinteraksi dengan orang yang mengalami sakit dimana sistem imun dibentuk sejak awal kehidupan ketika dalam kandungan mengalami perkembangan seiring pertambahan usia. Kesehatan anak yang optimal akan berdampak positif terhadap kemampuan siswa dalam meraih prestasi belajar dimana kemampuan siswa dalam berperilaku dalam menyerap ilmu pengetahuan. Hal ini sangat diperlukan peran serta orang tua sebagai keluarga dalam merawat anggota keluarga. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik tugas keluarga terhadap nilai rapor siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 111 responden orang tua siswa (ayah atau ibu) dan siswa kelas 2-6 di SDN Jatimulyo 02 Malang yang diambil secara acak dengan accidental sampling pada periode Oktober 2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu diadopt dari Dunst 1984 the family support scale analisa data menggunakan uji regresi linear. Hasil nilai F hitung > Nilai F tabel untuk df 110 sebesar 3.087 artinya variabel independen tugas keluarga (mengenali masalah kesehatan, mengambil keputusan, merawat keluarga, modifikasi lingkungan, memanfaatkan yankes) berpengaruh bersama-sama terhadap nilai siswa.

References

D. A. Amugsi and Z. T. Dimbuene, “Basic determinants of child linear growth outcomes in sub-Saharan Africa: a cross-sectional survey analysis of positive deviants in poor households,†Sci. Rep., vol. 12, no. 1, pp. 1–11, 2022, doi: 10.1038/s41598-022-18568-z.

O. LA, S. A, and B. JS, â€œä¹³é¼ å¿ƒè‚Œæå– HHS Public Access,†Physiol. Behav., vol. 176, no. 5, pp. 139–148, 2017, doi: 10.1017/S0954579415001169.Early.

J. Scott Crapo and K. Bradford, “Multidimensional family development theory: A reconceptualization of family development,†J. Fam. Theory Rev., vol. 13, no. 2, pp. 202–223, 2021, doi: 10.1111/jftr.12414.

C. J. Dunst, “Meta-analysis of the relationships between the adequacy of family resources and parenting beliefs and practices,†Br. J. Psychol. Res., vol. 9, no. 2, pp. 56–76, 2021.

J. S. Crapo, K. Bradford, T. S. Barrett, J. A. Miller, and B. J. Higginbotham, “Couple Relationship Education Outcomes Predicted by Family Life Stage and Traditionality,†Contemp. Fam. Ther., vol. 42, no. 4, pp. 422–435, 2020, doi: 10.1007/s10591-020-09541-x.

B. E. Beatie, C. S. Mackenzie, L. Funk, D. Davidson, L. Koven, and K. A. Reynolds, “Caregiver identity in care partners of persons living with mild cognitive impairment,†Dementia, vol. 20, no. 7, pp. 2323–2339, 2021, doi: 10.1177/1471301221994317.

Y. C. Kao, W. Coster, E. S. Cohn, and G. I. Orsmond, “Preparation for Adulthood: Shifting Responsibility for Management of Daily Tasks from Parents to Their Children,†Am. J. Occup. Ther., vol. 75, no. 2, pp. 1–11, 2021, doi: 10.5014/AJOT.2020.041723.

M. R. Sanders, K. M. T. Turner, and C. W. Metzler, “Applying Self-Regulation Principles in the Delivery of Parenting Interventions,†Clin. Child Fam. Psychol. Rev., vol. 22, no. 1, pp. 24–42, 2019, doi: 10.1007/s10567-019-00287-z.

R. R. Hamon and A. G. Strong, “‘Show Me Your Family and I Will Show You Mine’: An Activity for Immersing Students in Family Development Theory,†Fam. Sci. Rev., vol. 23, no. 1, pp. 39–53, 2019, doi: 10.26536/pifd4129.

T. Susanto, M. R. Saputra, E. A. Septiyono, and R. A. Yunanto, “Development of Psychometrics for Adolescents’ Care Based on the Local Wisdom of the Pandalungan Family in Indonesia,†Cent. Eur. J. Paediatr., vol. 18, no. 1, pp. 75–89, 2022, doi: 10.5457/p2005-114.320.

T. Anjaswarni, N. Nursalam, S. Widati, A. Yusuf, and R. D. Tristiana, “Development of a self-efficacy model in junior and senior high school students based on religiosity and family determinants: A cross sectional approach,†Int. J. Adolesc. Med. Health, pp. 1–8, 2020, doi: 10.1515/ijamh-2019-0023.

“Individual Adaptation Based on,†vol. 287, no. Icesre 2018, pp. 185–189, 2019.

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Riset Bidang Kesehatan dan Biomedis