TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIFITAS PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4377Keywords:
teknologi tepat guna, produktifitas, alat peraga, edukatifAbstract
Proses pembuatan suatu produk diperlukan inovasi teknologi untuk meningkatkan mutu produk dan mempercepat proses pembuatan. Oleh karena itu pendekatan teknologi tepat guna untuk pembuatan alat peraga edukatif merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Tujuan dari penulisan naskah ini adalah untuk mencari teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan mitra sehingga mampu meningkatkan mutu produk dan mempercepat proses pembuatan. Metode pendekatan yang digunakan adalah dengan melakukan pendalaman permasalahan yang dihadapi mitra terkait dengan persoalan produksi. Kemudian membuat rancangan alat yang mampu mengatasi masalah tersebut dan mengukur produktifitas alat yang telah buat. Hasil pembuatan alat produksi terdiri dari dua jenis yaitu alat gergaji putar dan gerinda duduk. Hasil pengujian alat tersebut menunjukkan bahwa alat gergaji putar mampu memproduksi tiga kali lebih cepat dibanding dengan alat yang sebelumnya. Sedangkan gerinda duduk mampu memproduksi dengan kecepatan dua kali lebih cepat dibanding dengan alat konvensional yang ada sebelumnya. Oleh karena itu dengan keberadaan alat teknologi tepat guna yang telah dirancang dan dibuat ini maka produktifitas menjadi meningkat.References
B. Han and G. J. Kim, “Audiencemr: Extending the local space for large-scale audience with mixed reality for enhanced remote lecturer experience,†Appl. Sci., vol. 11, no. 19, 2021, doi: 10.3390/app11199022.
L. L. Wang et al., “A novel educational tool helps teach intestinal absorption in physiology,†Adv. Physiol. Educ., vol. 45, no. 1, 2021, doi: 10.1152/ADVAN.00035.2020.
M. Sabani and Isnarto, “Mathematical Communication of 7th Grade Students Viewed from the Attitude of Curiosity in Guided Discovery Learning Assisted by Educational Props,†Unnes J. Math. Educ., vol. 9, no. 1, 2020.
P. Septyaningsih and W. Astuti, “Desain Outdoor Playground PAUD dengan Menggunakan Metode TRIZ,†Tekinfo J. Ilm. Tek. Ind. dan Inf., vol. 9, no. 1, 2021, doi: 10.31001/tekinfo.v9i1.912.
F. A. Kusumaningrum, “Peningkatan Kemampuan Microteaching dan Kreatifitas Membuat Alat Peraga Edukatif bagi Tenaga Pendidik di Kelompok Bermain Tunas Mulia,†J. Abdidas, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.31004/abdidas.v2i2.285.
Megawati and Adianto, “Best Practice Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna,†J. Ilmu Adm. Negara, vol. 9, no. 1, 2021, doi: 10.31629/juan.v9i1.3173.
N. Rahmiyati, “Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna di Kota Mojokerto,†jmm17, vol. 2, no. 02, 2016, doi: 10.30996/jmm17.v2i02.506.
A. Hermawati and S. Suhermin, “Upaya Peningkatan Kompetensi dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Alat Peraga Edukatif Motorik di Pos Paud Kelurahan Merjosari Kota Malang,†Likhitaprajna J. Ilm., vol. 19, no. 2, 2017.
D. S. Kencono and A. S. Winarsih, “Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta,†PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 3, 2021, doi: 10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082.
A. Shunhaji and N. Fadiyah, “Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini,†Alim | J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.51275/alim.v2i1.157.
D. R. A. Muhammad, G. Fauza, and D. Rachmawanti Affandi, “Peningkatan Kapasitas Produksi Usaha Rintisan ‘Semesta Rasa’ melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna,†Pros. Konf. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Corp. Soc. Responsib., vol. 4, 2021, doi: 10.37695/pkmcsr.v4i0.1247.
G. E. D. Antara, “Peningkatan Inovasi Teknologi Tepat Guna Dan Program Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Untuk Memajukan Industri Kreativ Di Bali,†Penelit. dan Apl. Sist. dan Tek. Ind., vol. 9, no. 3, 2016.
I. N. Nurfarida and E. Sarwoko, “Pengembangan Usaha Tusuk Sate Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna,†Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. Univ. Ma Chung, vol. 1, 2021, doi: 10.33479/senampengmas.2021.1.1.359-367.
J. Y. Mambu, A. K. Wahyudi, B. Latusuay, and D. E. Supit, “VELOSX: Projectile Motion Visualization Application with Augmented Reality,†SISFOTENIKA, vol. 10, no. 2, 2020, doi: 10.30700/jst.v10i2.909.
I. M. Mujtahid, M. Berlian, R. Vebrianto, and M. Thahir, “Educational Props Development for Primary School and Early Childhood Education Teachers: Teachers Satisfaction Aspect,†Int. J. Elem. Educ., vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.23887/ijee.v5i1.33237.
I. M. Mujtahid, M. Berlian, R. Vebrianto, and ..., “The Assistance of Educational Props Development for Primary School and Early Childhood Education Teachers in Pekanbaru,†Int. J. …, vol. 5, no. 1, 2021.
H. Setyaningsih, Wardono, and A. Prabowo, “The effectiveness of PMRI Approach Aided by Educational Props to Improve Student’s Mathematical Literacy,†Unnes J. Math. Educ., vol. 6, no. 1, 2017.
N. Mahyuddin and R. S. Sofya, “Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di …,†J. Ecogen, 2019.
H. Lena et al., “Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru PAUD di Kota Palembang,†Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 4, 2021, doi: 10.20527/btjpm.v3i4.2480.
N. Mahyuddin and R. S. Sofya, “Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman,†J. Ecogen, vol. 2, no. 4, 2019, doi: 10.24036/jmpe.v2i4.7837.