OPTIMALISASI KADER TIWISADA DAN PALANG MERAH REMAJA DALAM SKRINING KESEHATAN DI SEKOLAH PEDESAAN
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4386Keywords:
Tiwisada, PMR, Skrining, Kesehatan, SekolahAbstract
Kesehatan disekolah melalui program UKS disekolah pedesaan belum optimal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan dilingkungan sekolah adalah dengan mengoptimlkan kader Tiwisada dan PMR dalam skrining kesehatan di sekolah pedesaan. Permasalahan mitra yang dihadapi adalah terkait sarana serta prasarana UKS di sekolah tersebut. Mitra pada program ini adalah MTs Nurul Huda dan Puskesmas Bantur. Kegiatan ini dilaksanakan bulan Juli-September 2022. Program tersebut meliputi pendataan dan pengkajian kader Tiwisada dan PMR, pelatihan dan pendampingan kader Tiwisada dan PMR di puskesmas Bantur dalam menjadi kader UKS, pendampingan skrining kader Tiwisada dan PMR, pendidikan kesehatan sebaya serta pelaporan melalui sistem rujukan ke puskesmas Bantur. Hasilnya kader Tiwisada dan PMR memiliki kemampuan pengetahuan cukup dalam PHBS dan UKS, keterampilan kader Tiwisada dan PMR dalam skrining kesehatan teman sebayanya, pendidikan kesehatan sebaya yang baik, dan kemampuan melakukan rujukan siswa ke puskesmas Bantur melalui buku rapor kesehatan dan catatan kesehatan. Dan kesimpulan program ini adalah keaktifan dan kemampuan yang cukup dimiliki oleh Kader Tiwisada dan PMR MTs Nurul Huda dapat meningkatkan pencegahan masalah kesehatan di lingkungan sekolah. Sehingga rencana program tersebut harus selalu di laksanakan sesuai dengan pedoman UKS yang sudah ada.References
Sudadik, S. (2020). Pengaruh Pelaksaan UKS Terhadap PHBS Siswa Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Alian. Journal.Unnes, 1, 1, 188–196.
Hidayat, A. K. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. J. Patriot, 2, 2, 627–639.
Zainuddin, Z., Ikhwandi, A., and Marsa, M. (2018). Pemanfaatan Snellen Chart Oleh Guru-Guru Uks Untuk Deteksi Dini Gangguan Refraksi Mata Pada Anak-Anak Usia Sekolah Dasar. Dharma Raflesia J. Ilm. Pengemb. dan Penerapan IPTEKS, 14, 1, 63–66. doi: 10.33369/dr.v14i1.4293.
Apriani, L. and Gazali, N. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. J. Keolahragaan, 6, 1, 20–28. doi: 10.21831/jk.v6i1.14456.
Tulangow, R. R., “Gambaran Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Dumoga,†eBiomedik, 7, 2, 143–149, 2019, doi: 10.35790/ebm.7.2.2019.25583.
tim Kementerian Kesehatan, (2019). Rapor Kesehatanku Buku Catatan Kesehatan Tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Jakarta.
Tang, Y., Diao, H., Jin, F., Pu, Y., and Wang, H. (2022). The effect of peer education based on adolescent health education on the resilience of children and adolescents: A cluster randomized controlled trial. PLoS One, 17, 2, 1–18. doi: 10.1371/journal.pone.0263012.
Ghasemi, V., Simbar, M., Fakari, F. R., Naz, M. S. G., and Kiani, Z. (2019). The effect of peer education on health promotion of iranian adolescents: A systematic review. Int. J. Pediatr., 7, 3, 9139–9157. doi: 10.22038/ijp.2018.36143.3153.
Harianti, R., Nurjanah, T., and Hasrianto, N., (2021). Peer education as a method in sexual, reproductive health promotion and risk communication for adolescent, J. Kaji. Komun., 9, 2, 213. doi: 10.24198/jkk.v9i2.32280.
Alfianto, A. G. et al., (2019). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Stigma Gangguan Jiwa di masyarakat, JI-KES J. Ilmu Kesehat., 2, 2, 37–41.
Alfianto, A. G., Safitr, A. (2019). Efikasi Diri Siswa Dengan Tanda Gejala Psikosis Awal Dalam, JI-KES J. Ilmu Keseha, 3, 1, 7–11.
Kartika, C. A., Alfianto, A. G., and Kurniyanti, M. A. (2020).“Pertolongan pertama kesehatan jiwa pada siswa dengan masalah psikososial yang berisiko bunuh diri,†J. Ilmu Keperawatan Jiwa, 3, 2, 161–172, 2020.
Alfianto, A. G. and Ferdianto. (2018). Unit Kesehatan Sekolah Sehat Jiwa,†Prosiding Semin. Nas. Universtitas Muhammadiyah Jember, 44–52.
Alfianto, A. G., M. U. Wicaksono, K. E., Kurniyanti, M. A., and Ulfa, M. (2021). Implementasi Simulasi Awal Pos Pembinaan Terpadu Di Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Wonorejo. Ciastech. 651–658, 2021.
Jamali, Alfianto, A. G., and Zunaidi, R. (2022). Intervensi Kesiapsiagaan Psikolgis Bencana Banjir Pada Siswa-Siswi Di Lingkungan Sekolah, Nurs. News J. Ilm. Keperawatan, 6, 2, 98–105. doi: https://doi.org/10.33366/nn.v6i2.2506.