PELATIHAN APLIKASI MONITORING VISUAL CHILHOOLD DEVELOPMENT (MOVIE) BERBASIS FAMILY CENTER CARE

Authors

  • Ika Arum Dewi Satiti Program Studi Pendidikan Ners, STIKES Widyagama Husada Malang
  • Ari Damayanti Wahyuningrum Program Studi Pendidikan Ners, STIKES Widyagama Husada Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v5i1.4396

Keywords:

Aplikasi MOVIE, Kesehatan Mata, FCC

Abstract

Pembelajaran daring mengharuskan anak melihat melalui media elektronik terus menerus. Hal ini berdampak pada kesehatan fisik anak salah satunya adalah kesehatan mata. Gangguan visual pada anak dapat berdampak pada berbagai aspek diantaranya adalah prestasi belajar, kemampuan sosialisasi dan koordinasi gerak tubuh sehingga tumbuh kembang anak tidak optimal. Upaya kesehatan perlu digalakkan untuk mencegah gangguan mata dan telinga. Family Center care (FCC) merupakan perawatan dan pemantaun kesehatan yang melibatkan orang tua. Kolaborasi antara FCC dan Usaha Kesehatan Sekolah dapat menjadi sarana kesehatan utama siswa yang bertujuan mendukung proses pembelajaran. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk menggunakan aplikasi MOVIE sebagai skrining gangguan mata dengan melibatkan orang tua. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua dengan mayoritas baik yakni 41% dan 50%. Sedangkan untuk hasil skrining gangguan mata pada anak, mayoritas berada ketajaman 70%-89% sebanyak 44%.  Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua terhadap penggunaan aplikasi MOVIE, dan dapat digunakaanya aplikasi MOVIE secara rutin oleh SDN Jatimulyo 02 Kota Malang, guna meningkatkan kesehatan mata siswa.

References

Putri, dkk. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata Di Masa Pandemi - Yahoo Search Results. (n.d.). Retrieved March 25, 2022

Wandini, R., Novikasari, L., Kurnia, M., Program, D., Keperawatan, S., Malahayati, U., Lampung, B., Program, M., Gadget, H. P., Kesehatan, T., Anak, M., Sekolah, D., & Al Azhar, D. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mata Anak Di Sekolah Dasar Al Azhar I Bandar Lampung. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 810–819. https://doi.org/10.33024/MANUJU.V2I4.3049

Setiani dkk. (2018). Hubungan Lama Paparan Penggunaan Earphone Musik Terhadap Terjadinya Gangguan Pendengaran Akibat Bising pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala | Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika. (n.d.). Retrieved March 25, 2022, from http://jknamed.com/jknamed/article/view/51

Endriyanti. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Penggunaan Gadget Dengan Kelelahan Mata Mahasiswa Fik Ums Masa Pandemi Covid-19. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/12470/19

Maulidiyah, A., Adibah, H., Arum, I., Satiti, D., Danur Jayanti, N., Widyagama, S., & Malang, H. (2022). HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19. Media Husada Journal Of Nursing Science, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.33475/MHJNS.V3I1.64

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Pengabdian kepada Masyarakat