PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN PRODUK PANGAN SEHAT (HEALTHY FOOD)
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5299Keywords:
Preferensi, Persepsi Konsumen, Produk Pangan SehatAbstract
Perubahan pola hidup yang mementingkan kualitas kesehatan sejak Covid 19 menjadikan bisnis makanan sehat (healthy food) semakin meningkat. Industri makanan dan minuman meningkat menjadi 5,33% (2023). Permintaan konsumen ditentukan oleh preferensi konsumen, untuk mengungkap preferensi konsumen adalah tidak mudah, karena seperti black box. Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen sangat spesifik untuk tiap komoditas, umumnya adalah faktor psikologis, sosial, budaya, pribadi, dan ekonomi. Tujuan penelitian adalah mengetahui karakteristik konsumen terhadap pangan sehat (healthy food) organik, faktor yang dipentingkan konsumen dalam membeli pangan sehat (healthy food) organik dan persepsi konsumen. Analisis penelitian secara kualitatif, data menggunakan GF ( Google Form) dengan pertanyaan yang telah disiapkan, jumlah sampel yang diambil 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen produk pangan sehat  didominasi oleh wanita sebanyak 67,5 % dengan umur konsumen kisaran 31-50 tahun (50,1%), dan pendidikan terakhir sarjana (83,35%). Pekerjaan sebagai pegawai negri dan berpendapatan menengah. Faktor yang dipertimbankan 100 % kualitas dengan urutan faktor yaitu kualitas, jenis dan harga. Alasan pembelian hampir 100% untuk kesehatan. Namun ditemukan pembelian yang tidak rutin hal ini kemungkinan daya beli yang belum pulih setelah covid. Oleh karena itu disarankan pemasaran yang lebih masif kepada konsumen yang berumur produktif dan pendapatan yang lebih baik sehingga terjadi rutinitas pembelian.References
V. Canwat and S. Onakuse, ‘Organic agriculture: A fountain of alternative innovations for social, economic, and environmental challenges of conventional agriculture in a developing country context’, Clean. Circ. Bioeconomy, vol. 3, no. July, p. 100025, 2022, doi: 10.1016/j.clcb.2022.100025.
S. Sumaedi, Sumardjo, A. Saleh, and A. F. Syukri, ‘The Determinants of Healthy Food Consumption Behaviour During the Covid-19 Pandemic’, Unnes J. Public Heal., vol. 11, no. 2, pp. 131–144, 2022, doi: 10.15294/ujph.v11i2.45227.
FiBL and IFOAM, The world of Organic Agriculture:Statistics and emerging trends. 2022.
G. N. I. Pinatih, ‘Healthy food to support healthy life’, Bali Med. J., vol. 9, no. 1, pp. 380–385, 2020, doi: 10.15562/bmj.v9i1.1794.
R. D. Lovell, ‘Product Attributes and Consumers’ Re-purchase Decision on Frozen Ready to Eat Meals’, AU Journal of Management, vol. 9, no. 1. pp. 23–32, 2011. [Online]. Available: https://aujm.au.edu/index.php/aujm/article/view/94
M. Khorniawati, ‘Produk Pertanian Organik Di Indonesia: Tinjauan Atas Preferensi Konsumen Indonesia Terhadap Produk Pertanian Organik Lokal’, J. Chem. Inf. Model., vol. 8, no. 2, pp. 171–182, 2014.
C. R. Rahardjo, ‘FAKTOR YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK FROZEN FOOD’, J. Performa J. Manaj. dan Start-up Bisnis, vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 32–43, Apr. 2016, doi: 10.37715/jp.v1i1.106.
Abdullah, Firdaus et al.2011. Managing Customer Preference for the Foodservice Industry. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 2(6), 525-533.Bernando, Faisal Rino, et al. 2015. Industry Update, Vol. 4.
Ismoyowati, Dyah. 2015. Halal Food Marketing: A Case Study on Consumer Behavior of Chicken-based Processed Food Consumption in Central Part of Java, Indonesia.Agriculture and Agricultural Science Procedia 3,169-172
Nguyen, Thu Ha dan Gizaw, Ayda. 2014. Factors that influence consumer purchasing decisions of Private Label Food Products
Febriana Sulistya Pratiwi."Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 5,33% pada Kuartal I/2023"., https://dataindonesia.id/Sektor%20Riil/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-533-pada-kuartal-i2023