KUALITAS PENGIRIMAN ONLINE FOOD DELIVERY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DIIMPLEMENTASIKAN OLEH SWITCHING COST

Authors

  • Wahju Wulandari Universitas Widyagama Malang
  • Sodik Sasongko Universitas Widyagama Malang
  • Muhammad Ilman Nur Sasongko Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5313

Keywords:

Kualitas pengiriman, Customer Loyalty, Online Food Delivery, Switching Cost

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model dari kualitas pengiriman pembelian makanan yang dilakukan secara online dengan model online food delivery (OFD). Pembelian online khusus makanan semakin menarik untuk di teliti, yang selama ini terfokus pada kualitas pelayanan. Kualitas pengiriman, switching cost untuk mengetahui adanya biaya perpindahan atas ketidaknyamanan pelayanan online, dan customer loyalty, mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan jasa atas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Penelitian ini berjenis explanatory, yaitu untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap variabel yang diteliti. Penetapan sampel berdasarkan Rosque diambil sebanyak 100 responden dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hipotesa diuji dengan Smart Pls versi 4.0. Pengujian outer model, reliabilitas, inner model, serta struktur model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil bootstrapping Smart Pls versi 4.0 semua reliabel diatas 0.7, semua variabel yang diuji signifikan AVE kurang dari 0,005 dan berpengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel yang dihipotesakan.

References

H. Hernando and J. Nugroho. 2022. “Kualitas pengiriman dan loyalitas pelanggan GoFood: Peran mediasi kepuasan pelanggan,†J. Manaj. Maranatha, vol. 22, no. 1, pp. 17–26, 2022, doi: 10.28932/jmm.v22i1.4886.

C. S. Agustina Fitrianingrum. 2021 “Analısıs Faktor-Faktor Yang Mempengruhı Purchase Intentıon Onlıne, fitria ningrum, 2021.pdf,†Combines, vol. 1, no. 1, pp. 468–483, 2021, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/combines

Zainur Rohman Isnanda and D. Karina Asri. 2023. “Anteseden Dan Konsekuensi Kepuasan Konsumen Go-Food (Studi Kasus Di Yogyakarta),†Modus, vol. 33, no. 2, pp. 234–245, 2023.

A. Tumpuan. 2020. “Peranan Aplikasi Go Food Terhadap Perkembangan Bisnis Kuliner,†Tour. J. Travel. Hosp. Cult. Destin. MICE, vol. 3, no. 1, pp. 26–30, 2020.

S. Riantani, S. Delvia, and G. Sodik. 2020. “Model Prediksi Financial Distress : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Saham Industri Tekstil Dan Garmen Di Indonesia,†BISMA J. Bisnis dan Manaj., vol. 14, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.19184/bisma.v14i1.8858.

A. Xiao, S. Yang, and Q. Iqbal. 2018. “Factors affecting purchase intentions in generation y: An empirical evidence from fast food industry in malaysia,†Adm. Sci., vol. 9, no. 1, pp. 1–16, 2018, doi: 10.3390/admsci9010004.

V. C. S. Yeo, S. K. Goh, and S. Rezaei.2017. “Consumer experiences, attitude and behavioral intention toward online food delivery (OFD) services,†J. Retail. Consum. Serv., vol. 35, pp. 150–162, 2017, doi: 10.1016/j.jretconser.2016.12.013.

D. Suhartanto, M. Helmi Ali, K. H. Tan, F. Sjahroeddin, and L. Kusdibyo. 2019. “Loyalty toward online food delivery service: the role of e-service quality and food quality,†J. Foodserv. Bus. Res., vol. 22, no. 1, pp. 81–97, 2019, doi: 10.1080/15378020.2018.1546076.

K. Annaraud and K. Berezina. 2020. “Predicting satisfaction and intentions to use online food delivery: What really makes a difference?,†J. Foodserv. Bus. Res., vol. 23, no. 4, pp. 305–323, 2020, doi: 10.1080/15378020.2020.1768039.

Y. T. Prasetyo et al.. 2021. “Factors affecting customer satisfaction and loyalty in online food delivery service during the COVID-19 pandemic: Its relation with open innovation,†J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 7, no. 1, pp. 1–17, 2021, doi: 10.3390/joitmc7010076.

M. U. H. Uzir et al.. 2021. “The effects of service quality, perceived value and trust in home delivery service personnel on customer satisfaction: Evidence from a developing country,†J. Retail. Consum. Serv., vol. 63, no. April, p. 102721, 2021, doi: 10.1016/j.jretconser.2021.102721.

D. Qiao, M. Yin, M. Min, and Y. X. Wang, “Sample-Efficient Reinforcement Learning with loglog(T) Switching Cost,†Proc. Mach. Learn. Res., vol. 162, pp. 18031–18061, 2022.

A. R. Firdhiani and A. Setiyaningrum, “Studi tentang Faktor-Faktor Penentu Customer Loyalty pada Grabfood: Investigasi atas Perceived Value, Customer Satisfaction, dan Switching Cost,†Ekon. Bisnis, vol. 25, no. 2, p. 120, 2020, doi: 10.17977/um042v25i2p120-132.

J. F. Hair, J. J. Risher, M. Sarstedt, and C. M. Ringle, “When to use and how to report the results of PLS-SEM,†Eur. Bus. Rev., vol. 31, no. 1, pp. 2–24, 2019, doi: 10.1108/EBR-11-2018-0203.

A. P. Sinha, P. Srivastava, A. K. Asthana, S. K. Srivastava, and A. K. Nag, “Customer Satisfaction and Loyalty for Online Food Service Providers in Jharkhand State,†Int. J. Cust. Relatsh. Mark. Manag., vol. 13, no. 1, pp. 1–23, 2021, doi: 10.4018/ijcrmm.289204.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship