PELATIHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU KB-TA AMANAH BUNDA LAWANG

Authors

  • Syahroni Wahyu Iriananda Universitas Widyagama Malang
  • Hanifatus Sahro Universitas Widyagama Malang
  • Rangga Pahlevi Putra Universitas Widyagama Malang
  • Ahmad Farhan Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5329

Keywords:

Pengabdian, PAUD, Literasi, Fotografi, Digitalisasi, Asesmen

Abstract

Peran teknologi dalam pendidikan menjadi krusial dalam era globalisasi, memberikan peluang dan tantangan baru dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. KB-TA Amanah Bunda di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, telah lama berkomitmen untuk memberikan fondasi kokoh bagi pertumbuhan holistik anak-anak menuju masa depan yang cerah. Namun, dengan perkembangan teknologi yang cepat, lembaga ini perlu beradaptasi untuk tetap relevan. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini diawali dengan survei, observasi, identifikasi, analisis masalah dan solusi, serta evaluasi. Pre-test dilakukan sebelum pelatihan untuk mengukur pemahaman awal peserta terhadap materi, sementara Post-test dilaksanakan setelah pelatihan untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta. Upaya peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan fotografi dan videografi, serta digitalisasi penilaian perkembangan anak usia dini di KB-TA Amanah Bunda Lawang telah berhasil mencapai tujuan. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam bidang fotografi, videografi, dan enggunaan Google Form untuk penilaian perkembangan anak usia dini. Hasil pengabdian ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di lembaga ini, sesuai dengan dinamika perkembangan teknologi saat ini.

References

M. Brantasari, “DIGITALISASI PENYELENGGARAAN PAUD,†1, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2021, doi: 10.24903/jpkpm.v1i1.743.

R. Sulastri and S. Fuada, “Bantuan Penyiapan Video Pembelajaran Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Guru TK IT Bina Insan Qur’ani Garut,†Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.32528/jpmi.v7i2.4840.

Y. Iskandar, S. Setiana, D. Darmayanti, I. C. Destiyanti, I. Iman, and N. Nuryati, “Digitalisasi Pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini,†Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Sep. 2022, doi: 10.25134/jise.v1i1.6.

A. F. Roshonah, A. Damayanti, S. Rahmatunnisa, and K. Masykuroh, “Pelatihan literasi digital untuk guru PAUD di wilayah Sukabumi Jawa Barat,†AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 47–56, 2021.

W. Winarti, S. Nurhayati, N. Rukanda, S. Musa, R. Jabar, and E. E. Rohaeti, “Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini,†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, Art. no. 6, Sep. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3111.

A. Ebyatiswara Putra, M. Taufiqur Rohman, L. Linawati, and N. Hidayat, “Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru,†murhum, vol. 4, no. 1, pp. 201–211, May 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.185.

B. Taib and N. Mahmud, “Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran,†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, Art. no. 3, Oct. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1842.

K. Anwar, M. Yuliansyah, and J. Jarkawi, “PELATIHAN DIGITALISASI LAYANAN PAUD MENGGUNAKAN METODE KREATIF DI KOTA BANJARMASIN,†E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Sep. 2021, doi: 10.47492/eamal.v1i3.899.

E. Efiawati, D. N. Fauziyah, R. Syafrida, and A. Parapat, “Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare,†Al-Athfaal, vol. 4, no. 2, pp. 172–186, Dec. 2021, doi: 10.24042/ajipaud.v4i2.9676.

I. B. Hastuti, T. Asmawulan, and Q. F. Fitriyah, “Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara,†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, Art. no. 6, Nov. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.2508.

Downloads

Published

2023-12-30