PENGARUH KECEPATAN ANGIN TERHADAP KOEFISIEN DRAG PADA MODEL DEPAN KENDARAAN BUS
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5339Keywords:
Aerodinamis, koefisen drag, bentuk kendaraanAbstract
Bus merupakan kendaraan angkut masal bagi manusia. Bentuk kendaraan ini relatif persegi panjang, sehingga nilai koefisen drag pada posisi depan menjadi tinggi. Peneltian ini bertujuan untuk mengurangi nilai koefisen drag pada model depan kendaraan bus. Pengujian secara eksperimen di lakukan pada wind tunnel menggunakan tiga model depan bus (900, 400 dan 300) dengan tiga variasi kecepatan (7.5, 8 dan 8.5 m/s). Dari hasil penelitian di peroleh model depan bus sangat mempengaruhi koefisien drag. Nilai koefisen drag tertinggi pada posisi depan menggunakan model depan bus 900 dibandingkan model depan bus 300 dan 400. Pada posisi atas dan belakang bus koefisien drag tertinggi pada model depan bus 300 dibandingkan model depan bus 400 dan 900.References
I. H. Firmandani and A. Trilaksana, “Perkembangan Transportasi Darat ( Bus ) Di Probolinggo Tahun 1933-1956,†e-Journal Pendidikan Sejarah, vol. 11, no. 3, p. hlm. 5., 2021.
A. ENDRA MUSTAFA and A. GRUMMY WAILANDUW, “Simulasi Numerik Variasi Leading Edge Terhadap Karakteristik Aerodinamika Bodi Bus,†Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 7, no. 3, pp. 109–116, 2018.
B. Gde Didit Citra Anggarana and I. Made Gatot Karohika, “Analisis Aerodinamika Bodi Mobil Dengan Variasi Kecepatan Menggunakan Perangkat Lunak Cfd,†SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, vol. 1, no. 8, pp. 1455–1462, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i8.192.
N. Ikhsan Alfajri, D. D. P. Tjahjana, Ph.D, and B. Kristiawan, “Pengaruh Penambahan Gurney Flap pada Airfoil Jenis Mshd pada Mobil Fastback dengan Variasi Ketinggian Gurney Flap dan Kemiringan Sudut Airfoil Dengan Metode Permodelan CFD,†Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika, vol. 19, no. 1, p. 35, 2020, doi: 10.20961/mekanika.v19i1.40005.
M. T. S. Jhon, J. S., & Utomo, “Analisis Aerodinamika Body Mobil Hemat Energi Antawirya Residual-Sat Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics,†Jurnal Teknik Mesin, vol. 5, no. 1, pp. 50–59, 2017.
D. D. Santoso, “Aerodinamika pada modifikasi bodi kendaraan angkutan pedesaan,†Jurnal TEDC, vol. 12, no. 2, pp. 112–127, 2018.
Wildan Fahmi, “Visualisasi Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Leading Edge Terhadap Karakteristik Aerodinamika Kendaraan Bus,†vol. 40, 2016.
S. Suryady and R. Zhafran, “Analisa Desain Bodi Kendaraan Tipe Urban Concept Pada Pengaruh Koefisien Drag Dan Koefisien Lift,†Presisi, vol. 24, no. 1, pp. 74–84, 2022.
R. P. Ananda, Y. S. Pramesti, and A. Akbar, “Analisis Aerodinamika Bodi Kendaraan KMHE Jayabaya Prototype 2.0,†Seminar Nasional Inovasi Teknologi, pp. 218–223, 2021.