PERANCANGAN TAMPILAN ANTARMUKA APLIKASI MOBILE ELENA STT NURUL FIKRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5353Keywords:
User Interface, Usability Testing, Prototype, User Centered Design, System Usability ScaleAbstract
STT Terpadu Nurul Fikri merupakan perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dalam segala proses pendidikan termasuk pembelajaran mahasiswa menggunakan sistem e-learning yang biasa disebut dengan eLena STT NF. Namun, pemanfaatan eLena tidak memungkiri terjadinya kendala dan masalah. Hal ini dibuktikan dengan hasil kuesioner yang menyatakan bahwa pengguna seringkali mengalami masalah karena tidak tersedianya fitur-fitur yang dibutuhkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan pengembangan eLena dalam bentuk aplikasi mobile untuk menunjang terpenuhinya segala fitur yang dibutuhkan. Aplikasi mobile eLena dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna dengan mengadaptasi pendekatan user centered design. Perancangan aplikasi sampai pada bentuk akhir prototype. Prototype yang telah dibuat selanjutnya diuji dengan menggunakan metode usability testing dan system usability scale. Hasil pengujian menggunakan usability testing menyatakan bahwa prototype aplikasi mobile eLena STT NF sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, prototype aplikasi mobile eLena memiliki usability yang sangat baik dengan skor system usability scale sebesar 91.56. Tahapan selanjutnya adalah analisis perbandingan sistem dan rekomendasi pengembangan. Analisis perbandingan dilakukan dengan membandingkan prototype aplikasi mobile eLena STT NF dengan website eLena STT NF. Kemudian penyusunan rekomendasi pengembangan ditujukan untuk membantu pihak lain dalam mengembangkan sistem eLena STT NF dikemudian hari.References
Fadli, M. R. (2020). Perancangan User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Mobile Indosport Dengan Menggunakan Pendekatan User Centered Design.
Gabrielle M. Turner-McGrievy, P. M. (2016). Choosing between responsive-design websites versus mobile apps for your mobile behavioral intervention: presenting four case studies.
Hanif Naufal, A. G. (n.d.). Desain Interaksi Berbasis User Experience pada Mobile Application : Suatu Tinjauan Literatur.
Reynaldi, A. (2019 ). Perancangan Desain User Interface (UI).
Zahidah, H. (2020). Usability Evaluation dan Rekomendasi Perbaikan ELEN STT Nurul Fikri.
Ardhiyani, J. Analisis User Interface Media Pembelajaran Pengenalan Kosakata Untuk Anak Tunarungu.
Setiawan, B. E. (2014). Pembangunan E-Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Online Di SMP Negeri 8 Bandung.
Irsan, M. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi Pemerintahan.
Yunus, I. A. (2018). Perancangan Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi SIAKAD Dengan Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada Universitas Islam Negeri Sunan Ample Surabaya.
Sari, M. W. (2019). Evaluasi pada Website Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya menggunakan Usability Testing.
Hamidi, H. (2018). Analysis of the essential factors for the adoption of mobile learning in higher education: A case study of students of the University of Technology.
Rahmelina, L. (2017, Juli 2). Perancangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi Di STMIK Indonesia Padang. Jurnal Informatika, 11.
Fadillah, R., & Slamet, L. (2019, Juni 2). Perancangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Di SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7.
Susilo, E., Wijaya, F. D., & Hartanto, R. (2018, Mei). Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 7.
Akhsan, A. A., & Faizah. (2017, Februari). Analisis Dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder Dengan User Centered Design. Jurnal Sistem Informasi, 3