PELATIHAN ENERGI SOLAR CELL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG SAIN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5366Keywords:
solar cell, media pembelajaran, pelatihan, SMK, PLTSAbstract
Bidang pendidikan memegang peran sentral dalam pembangunan negara, di mana kualitas sistem pendidikan yang prima menjadi kunci utama bagi kemajuan. SMK Muhammadiyah 1 Malang turut serta dalam membentuk perilaku ilmiah siswa dan mengajarkan konsep fisika dengan penuh dedikasi. Meski demikian, tantangan muncul seiring kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, terutama dalam pemanfaatan energi surya menggunakan solar cell. Pengabdian ini bertujuan memberikan solusi dengan menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan modul pembelajaran berbasis energi solar cell di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Metode pengabdian yang diterapkan mencakup pelatihan, penyediaan alat peraga, dan pembuatan modul praktikum. Hasil dari pengabdian ini mencakup peningkatan pemahaman guru terhadap pemanfaatan energi surya, ketersediaan Trainer Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sederhana, pembuatan modul praktikum PLTS, dan peningkatan fasilitas penerangan di sekolah.Pengabdian ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di SMK Muhammadiyah 1 Malang melalui pemanfaatan energi solar cell sebagai media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kurikulum. Selain itu, diharapkan pengalaman ini dapat menjadi pedoman bagi sekolah lain dalam mengatasi tantangan serupa, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul.References
J. S. . L. Norma N. Monigir, “Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Gambar Seri Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN 3 Airmadidi,†Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, 2020.
M. Ridwan, H. Yuliani, and N. I. Syar, “Pengembangan Prototipe Kincir Angin Savonius Menggunakan Bilah Baling Sel Surya Sebagai Media Pembelajaran Fisika,†J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.20527/jipf.v5i2.2949.
S., T. Rokhman, . P., and A. Sofwan, “Rancang Bangun Prototipe Gardu Pembangkit Listrik Hybrid Mikro Hidro Dan Sel Surya Sebagai Media Pembelajaran Praktikum Teknik Elektro,†J. E-Komtek, vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.37339/e-komtek.v2i1.89.
S. Halawa, Pengembangan Infografik Pada Materi Perlawanan Rakyat Aceh Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk SMA Kelas X. 2020.
Y. Defawati, “Kit Solar Sel/Panel Surya Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Efek Fotolistrik,†Sci. Phys. Educ. J., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.31539/spej.v2i2.639.
M. Abrori, S. Sugiyanto, and T. F. Niyartama, “Pemanfaatan Solar cell Sebagai Sumber Energi Alternatif dan Media Pembelajaran Praktikum Siswa Di Pondok Pesantren ‘Nurul Iman’ Sorogenen Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Menuju Pondok Mandiri Energi,†J. Bakti Saintek J. Pengabdi. Masy. Bid. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.14421/jbs.1131.
Khotimatus sangadah and J. Kartawidjaja, “Pemanfaatan Etnobotani Pada Masyarakat Alue Padee Kecamatan Kuala Batee Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di SMAN 4 Abdya Kabupaten Aceh Barat Daya,†2020.
Khotimatus sangadah and J. Kartawidjaja, “pembuatan herbarium sebagai media pembelajaran ipa- biologi untuk mengembangkan soft skills siswa kelas vii di smp negeri 41 buru kecamatan air buaya kabupaten buru,†Orphanet J. Rare Dis., vol. 21, no. 1, 2020.