PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI INOVASI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM GUPAROVE DI KELURAHAN MARGO MULYO KOTAMADYA BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5384Keywords:
pemberdayaan perempuan, umkm, pemasaran digital, sosial mediaAbstract
Pemberdayaan perempuan paruh baya khususnya melalui keahlian digital adalah hal yang melatarbelangi pengabdian masyarakat ini. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan umkm Ibu Suwarsih yang berkaitan pemasaran digital. Luaran yang ingin dihasilkan adalah yaitu: 1) terdapat stiker label kemasan yang baru dengan desain khas Kalimantan Timur sebagai identitas; 2) terdapat akun sosial media instagram dan halaman facebook yang baru sebagai sarana pemasaran online; 3) Terdapat katalog produk dan portofolio Ibu Suwarsih sebagai pemilik; 4) Terdapat iklan produk menggunakan instagram ads. Metode yang dilakukan adalah tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesimpulan setelah melakukan pendampingan ini adalah tersedianya desain ulang label stiker kemasan produk yang lebih menarik dengan desain motif batik Kalimantan Timur dan memperjelas informasi yang ada di kemasan seperti komposisi, tanggal kadaluarsa, variasi rasa produk, informaso kontak, sosial media, logo halal, legalitass PIRT, nama produk dan nama merek yang lebih jelas, Berikutnya adalah tersedianya sosial media berupa instagram dan facebook, yang didalamnya tersedianya katalog produk di instagram dan facebook. Terakhir didaftarkan konten marketing produk Guparove ke Instagram ads dengan durasi iklan.References
M. Mardatillah, W. Winda, Y. E. Sari, Y. Muhayati, Z. Rahmalita, and Z. Dwi, “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pengolahan Limbah Menjadi Karya Seni Bernilai Jual Tinggi,†SWAGATI : Journal of Community Service, vol. 1, no. 2, pp. 47–52, Aug. 2023, doi: 10.24076/swagati.2023v1i2.1090.
G. S. Budiwitjaksono, R. A. Putri, N. C. Anindiyadewi, and N. P. Anggrainy, “Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya,†Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, vol. 2, no. 2, pp. 615–624, 2022.
S. Sasa, D. Sapto Adi, M. A. Triono, and F. Supanto, “Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing,†Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, vol. 6, no. 3, pp. 358–371, Aug. 2021, doi: 10.26905/abdimas.v6i3.5366.
I. Pessala, “User experiences and efficiency of Instagram Advertising,†University of Applied Science, 2016.
D. H. Jayani, “UMKM Indonesia Bertambah 1,98% pada 2019.â€
A. U. Syukri and A. N. Sunrawali, “Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah,†KINERJA, vol. 19, no. 1, pp. 170–182, Mar. 2022, doi: 10.30872/jkin.v19i1.10207.
N. Rizky and S. Dewi Setiawati, “Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online,†Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 10, no. 2, pp. 177–190, Sep. 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.2.177-190.
P. Kotler, H. Katarjaya, and I. Setiawan, Marketing 4.0: moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons, 2016.
D. A. Saraswati and C. Hastasari, “Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok. co dalam Mempertahankan Brand Engagement,†Jurnal Biokultur, vol. 9, no. 2, pp. 152–171, 2020.
K. Kalil and E. A. Aenurohman, “DAMPAK KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UKM DI KOTA SEMARANG,†Jurnal Penelitian Humaniora, vol. 21, no. 1, pp. 69–77, Feb. 2020, doi: 10.23917/humaniora.v21i1.8581.
Asriyani Sagiyanto and A. Sulfiah, “PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK HAUS MELALUI AKUN @HAUS.INDONESIA,†Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, vol. 5, no. 2, pp. 97–114, May 2020, Accessed: Dec. 27, 2023. [Online]. Available: https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1027
N. Hidayati, P. T. Pungkasanti, and N. Wakhidah, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG,†ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 3, no. 3, p. 119, Sep. 2020, doi: 10.33633/ja.v3i3.129.
D. F. Kusuma and M. S. Sugandi, “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts,†Jurnal Manajemen Komunikasi, vol. 3, no. 1, p. 18, Apr. 2019, doi: 10.24198/jmk.v3i1.12963.