PENGARUH GREEN MARKETING MIX TERHADAP KEBERLANJUTAN (SUSTAINABILITY) KAMPUNG WISATA
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.608Keywords:
Green Marketing, Niat Menjaga, Keberlanjutan, Kampung WisataAbstract
Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep green marketing (pemasaran hijau) untuk mempengaruhi niat wisatawan menghindari kerusakan dimasa depan terhadap kampung wisata baru yang akan dikembangkan oleh pemerintah Kota Malang. Penelitian ini menganalisis: (a) pengaruh green produk terhadap niat wisatawan menjaga keberlanjutan kampung wisata , (b) pengaruh green promosi terhadap niat wisatawan menjaga keberlanjutan kampung wisata (c) pengaruh bukti fisik terhadap niat wisatawan menjaga keberlanjutan kampung wisata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif research dan jenis penelitian adalah analisis konfirmatori, teknik sampling yang digunakan adalah incidental purposive sampling yaitu wisatawan pada kampung wisata sebanyak 112 orang. Teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah green produk berpengaruh postif dan signifikan terhadap niat wisatawan menjaga keberlanjutan kampung wisata, green promosi berpengaruh postif dan signifikan terhadap niat wisatawan menjaga keberlanjutan kampung wisata, bukti fisik berpengaruh postif dan signifikan terhadap niat wisatawan menjaga keberlanjutan kampung wisata.References
Ali, Hasan. 2013. Green Tourism. Alternatif Jitu Dalam Menyelamatkan Lingkungan, Sosial, dan Budaya. Orasi Ilmiah Dalam Dies Natalis Sekolah Tinggi Pariwisata Yogyakarta ke 26 pada 13 Januari 2013 STP AMPTA YOGYAKARTA
Booms, B.H., Bitner, M.J., 1981. Marketing Strategies and Organizational Structures for Service Firms. Marketing of Services. J. H. Donnelly and W. R. George. American Marketing Association, Chicago, 47-51.
Bramwell, B. (ed). 1990. Shades of Green: Working Towards Green Tourism in the Countryside, London.
Chabowski, B. R., Mena, J. A., & Gonzalez-Padron, T. L. (2011). The structure of sustainability research in marketing, 1958–2008: a basis for future research opportunities. Journal of the Academy of Marketing Science, 39, 55-70
Cronin, J. J., Jr., Smith, J. S., Gleim, M. R., Ramirez, E., & Martinez, J. D. (2011).
Green marketing strategies: an examination of stakeholders and the opportunities they present. Journal of the Academy of Marketing Science, 39, 158
Dahlstrom, R. (2011). Green marketing management. International Edition, Australia: South-Western/Cengage Learning.
Etzion,D.(2007).Researchonorganizationsandthenaturalenvironment, 1992– present: a review. Journal of Management, 33, 637–664.
Fathi, A., Sheikhian, A. H., & Doaee, K. (2007). Green Marketing. Tadbir Monthly Magazine, 12, 17–173.
Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. anderson, R.L.Tatham, (2006). Multivariate Data Analysis, 6 Ed., New Jersey : Prentice Hall
Henry Mwinuka, O. (2017). Reviewing the role of tourism marketing in successful sustainable tourist destinations. African Journal of Hospitality, 6(2), 1–11. Retrieved from http//www.ajhtl.com
Jatra, I. M. (2015). BERKELANJUTAN PADA HOTEL THE ROYAL PITAMAHA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali ,
Indonesia sebagai alternatif pembangunan ekonomi . Tatkala itu sektor primer menjadi Bali mengantarkan Bali sebagai salah satu destinasi pariwisata, 4(10), 3012–3044.
Libriyanto, F. (2017). MARKETING KOMUNIKASI WISATA PANTAI NGLAMBOR. MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Retrieved from
http://eprints.ums.ac.id/51740/3/naskah publikasi-fix.pdf
Nasution, R. A., Purwoko, A., & Hartini, K. S. (2015). Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Alam Air Terjun Silimalima di Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Fakultas Kehutanan, (1), 1–7.
Pomering, A. (2014). Strategic marketing sustainability : from a marketing mix to a marketing matrix, 80–86.