KREATIFITAS DAN INOVASI PRODUK INDUSTRI KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.609Keywords:
Kinerja Industri Kreatif, Keunggulan Bersaing[ Kreativitas, InovasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas produk terhadap inovasi produk dan bagaimana fungsi mediasi keunggulan bersaing atas pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja industri. Penelitian ini merupakan field-research studi kasus terhadap 119 creative-preneurs yang ada di kota Malang yang dipilih secara accidental-purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas produk berpengaruh positif terhadap inovasi produk, keunggulan bersaing tidak memediasi pengaruh kreativitas terhadap kinerja industri tetapi memediasi pengaruh inovasi produk terhadap kinerja industri. Sehingga, untuk meingkatkan kinerja industri kreatif, produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh industri kreatif harus memiliki keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing ini dapat berupa harga yang kompetitif, produk yang memiliki manfaat tinggi, memiliki differensiasi dan tidak mudah tergantikan. Untuk mencapai keunggulan bersaing tersebut, industri kreatif seharusnya melakukan inovasi produk dengan cara menemukan produk baru yang unik dan memiliki daya tarik tinggi, atau minimal mengembangkan produk yang sudah ada atau melakukan duplikasi dan sintesis produk.References
Anjaningrum, W. D., & Sapoetra, Y. A. (2018). Business Coaching , Mentoring, dan Komunitas Kreatif Terhadap Kinerja Industri Kreatif ( Studi pada Industri Kreatif yang Tergabung dalam Malang Creative Fusion ). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi STIE Asia, 12(1), 83–92.
Atalay, M., Anafarta, N., & Sarvan, F. (2013). The Relationship between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence from Turkish Automotive Supplier Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 75, 226–235.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.026
Boso, N., Donbesuur, F., Bendega, T., Annan, J., & Adeola, O. (2017). Does organizational creativity always drive market performance? Psychology and Marketing, 34(11), 1004–1015. https://doi.org/10.1002/mar.21039
Brem, A., Maier, M., & Wimschneider, C. (2016). Competitive Advantage Through Innovation: the Case of Nespresso. European Journal of Innovation Management, 19(1), 133–148. https://doi.org/10.1108/EJIM-05-2014-0055
Dibrell, C. dan Davit P.S., 2008, Fueling Innovation Trough Information Technology In SMEs, Journal of Small Business Management, Volume 45, Nomor 2, pp. 203 –
Dismawan, R. (2013). Pengaruh Kreativitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Soes, (25). Retrieved from http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=223229
Gatra. (2016). Malang Siap Jadi Kota Kreatif Terkemuka, p. 161701. Retrieved from http://arsip.gatra.com/2016-03-
E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 8–16.
https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16
Hana, U. (2013). Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82–96.
https://doi.org/10.7441/joc.2013.01.06
Kanagal, N. B. (2015). Innovation and Product Innovation in Marketing Strategy. Journal of Management and Marketing Research, 18, 1–25. Retrieved from
http://www.aabri.com/manuscripts/152209.pdf
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran (Tiga Belas ed.). Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M., 2006, Strategi, Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Erlangga, Jakarta.
Kuratko , D., & Hodgetts, R. M. (2004). Entrepreneurship : Theory, Process, and Practice (6 Th ed.). USA: South-Western Cengage Learning.
Purwaningsih, R., & Kusuma, P. D. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). In Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) (pp. 7–12).
RodrÃguez-pose, A., & Lee, N. (2013). Creativity, Cities and Innovation: Evidence from UK SMEs (10 No. 13). Retrieved from
https://pdfs.semanticscholar.org/9b1a/01cf50f876422aafcf75b9f583fc8386b2f6.pdf
Sue-Chan, C., & Hempel, P. S. (2016). The Creativity Performance Relationship: How Rewarding Creativity Moderates The Expression of Creativity. Human Resource
Management Journal, 55(4), 637–653. https://doi.org/10.1002/hrm.21682
Suparman, & Ruswanti, E. (2017). Market Orientation , Product Innovation on Marketing Performance Rattan Industry in Cirebon Indonesia. IOSR Journal of
Economics and Finance (IOSR-JEF), 8(1), 19–25. https://doi.org/10.9790/5933-0801031925
Supranoto, M. (2009). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar , Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran.
Suryatini, D., Primiana, I., Kaltum, U., & Aziz, Y. (2017). The Effect of Relationship and Competitive Strategy on Business Performance of Rattan Industry in Java.
Academy of Strategic Management Journal, 16(3), 1–10.
Sutapa, Mulyana, & Wasitowati. (2017). The Role of Market Orientation, Creativity and Innovation in Creating Competitive Advantages and Creative Industry Performance. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 152–166.
https://doi.org/10.15294/jdm.v8i2.12756
Terziovski, M. (2010). Innovation Practice and Its Performance Implications in Small to Medium Enterprises (SMEs) In the Manufacturing Sector: A Resource-Based View. Strategic Management Journal, 31(8), 892–902.
https://doi.org/10.1002/smj.841
Ting, H., Wang, H., & Wang, D. (2012). The Moderating Role of Environmental Dynamism on the Influence of Innovation Strategy and Firm Performance. International Journal of Innovation, Management and Technology, 3(5), 13–16.
https://doi.org/10.7763/IJIMT.2012.V3.288
Weinzimmer, L. G., Michel, E. J., & Franczak, J. L. (2011). Creativity and Firm-Level Performance: The Mediating Effects of Action Orientation. Journal of
Managerial Issues, 23(1), 62–82. https://doi.org/10.2307/25822538
Zhou, K. Z., Brown, J. R., & Dev, C. S. (2009). Market Orientation, Competitive Advantage, and Performance: A Demand-Based Perspective. Journal Of Business
Research, 62(11), 1063–1070.