STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI MALANG RAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PELAKU EKONOMI LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.611Keywords:
Model Pengembangan, Ekonomi KreatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan menunjang keberhasilan ekonomi kreatif di Malang Raya; 2) Merumuskan model pengembangan ekonomi kreatif daerah Malang Raya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian tahun kedua ini adalah: Analytical Hierarchy Process. Hasil analisa SWOT pada penelitian sebelumnya (tahun pertama) memperlihatkan posisi strategis ekonomi kreatif Malang Raya adalah tumbuh dan berkembang. Alternatif strategi yang dapat diterapkan kedepan pada masa mendatang yang terdiri atas strategi pengembangan pasar. Terdapat empat pilihan strategi yang dapat dilakukan untuk memperbesar penjualan dan pangsa pasar, adalah: Market Penetration, Market Development, Product Development dan Diversification. Dari hasil akhir analisa Analytical Hierarchy Process, Market Development terpilih menjadi strategi prioritas dalam model pengembangan ekonomi kreatif di Malang Raya. Strategi ini adalah dengan memasarkan produk yang sudah ada kepada pasar baru. Pasar dikembangkan agar muncul para pelanggan baru, antara lain dengan pengembangan pasar ekspor atau mencari area penjualan baru.References
Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Cetakan Ke 3. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran, dasar, konsep, dan strategi. Cetakan Ketiga, Jakarta: CV. Rajawali.
Hafsah, Muhammad Jafar. 2000. Kemitraan usaha: Konsepsi dan Strategi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Hastuti, Tuti, Marjani AT, dan Endah Puspitasarie. 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Malang Raya Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal. Penelitian Dikti Tahun Pertama.
Hutasoit, Donal. 2005. Strategi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat Dalam Rangka Mengurangi Laju Kerusakan Hutan: Suatu Pendekatan Analisis SWOT dan AHP. Tesis. Universitas Indonesia.
Jhingan, M.L. 2007. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Edisi 1. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir. 2000. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Moekijat. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Madju.
Mursid, M. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Sitompul SM. 2003. Radiasi dalam sistem agroforestri. Di dalam: Hairiah K, Widianto, Utami SR, Lusiana B, editor. Wanulacs: Model Simulasi Untuk
Sistem Agroforestri. Bogor: International Center for Research in Agroforestry. Hlm. 79-103.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tohar, M. 2000. Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius.
Winardi. 2000, Kepemimpinan dalam manajemen Jakarta, Rineka Cipta