PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.613Keywords:
daya saing, pelayanan, pedagang pasar tradisionalAbstract
Pasar merupakan kumpulan seluruh pembeli dan penjual potensial yang menyediakan barang tertentu di pasar. Pasar tradisional biasanya menampung berbagai macam penjual, manajemen tanpa perangkat teknologi modern. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk menjelaskan daya saing produk yang dijual di pasar tradisional 2. Untuk menjelaskan pelayanan pedagang pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sejumlah 32 orang. Data diperoleh dari kuisioner, wawancara, dukumentasi dan observasi. Data yang terkumpul dihitung menggunakan dengan skor. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Daya saing produk yang dijual di pasar tradisional Blimbing kota Malang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen 2. Untuk menjelaskan pelayanan pedagang pasar tradisional Blimbing kota Malang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya strategi yang perlu adalah: 1. Membangun hubungan lebih dekat ke hampir semua pelanggannya 2. Yakin bahwa pengunjung pasar tradisional merupakan pelanggan potensial. 3. Penolakan merupakan bagian dari penjualan, konsumen yang ditawari, pasti ada yang berminat untuk membeli 4. Melakukan perencanaan penjualan dengan memilih pelanggan tertentu untuk produk tertentu. 5. Menjelaskan manfaat produk, sehingga membantu meningkatkan penjualan. 6. Memiliki dua segment yang berbeda, yang di juali dengan barang yang sama tetapi dengan harga yang berbeda, sehingga mendapatkan keuntungan yang berbeda.References
Lupiyoadi R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa (Praktik dan Teori). Jakarta: PT. Salemba
Lasri, Novita Dewi, Prihatminingtyas. B 2016 Pemberdayaan pedagang pasar tradisional blimbing berbasis partisipatif dalam perlindungan sosial. Jurnal Care Vol. 4, No. 3, page 97-104
Prihatminingtyas Budi 2016 Discourse of Gadang Traditonal Market Sellers of Business and Management, Vol. 8, No. 33, Nopember 2016, ISSN 2222- 1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online), hal 1-5.
Prihatminingtyas B, 2014. The Development of Food and Beverage Industry Based on People Economic Into Good Local Industry. ISSN 2222-1700 (Paper)ISSN (Online)2222-2855 Vol 5, No 23 Page 32-38
Prihatminingtyas, B. 2016, Discourse of Gadang Traditional Market Sellers in Malang City European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol. 8, No.33
Prihatminingtyas, 2017 European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol.9, No.30, 2017 18 Traditional Market Traders and Local Institutions in Malang City.