PENINGKATAN DAYA SAING UKM KERAJINAN MEMASUKI PASAR GLOBAL

Authors

  • . Sodik Fakultas Ekonomi, Universitas Widyagama Malang, Malang
  • Wahju Wulandari Fakultas Ekonomi, Universitas Widyagama Malang, Malang
  • Dharmayanti Pri Handini

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.619

Keywords:

daya saing, UKM, managerial, pasar global.

Abstract

UKM Malang Raya mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1.013.758 orang atau 9,12%, sedangkan jumlah UKM di Malang Raya tahun 2015 sebesar 516.213 unit atau 7,56% dari seluruh total UKM di Propinsi Jawa Timur. Tujuan penelitian : untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi UKM kelompok kerajinan di Malang Raya dari tantangan, hambatan, peluang dan kelemahannya dan menggali permasalahan terkait modal insani dan modal sosial. Purposive random sampling untuk menentukan kelompok UKM, dan Proporsional random sampling untuk sampel yang terwakili di Malang Raya. Kuesioner yang dipakai sebagai alat pengumpul data dan jumlah sampel yang diambil 100 responden berdasarkan Roscue. Alat analisis SWOT untuk mencapai pengukuran kinerja yang berdaya saing di pasar global. Hasil penelitian memperlihatkan daya saing UKM kelompok kerajinan di Malang Raya pada posisi pertumbuhan, hal ini akan mempengaruhi dari sisi manajerial usaha baik dari segi keuanganM dan organisasi, serta model pemasaran yang dilakukan.

References

ACI. (2016, Juli). Analisis Daya Saing Provinsi-Provinsi di Indonesia-Sumatera Barat. (Asia Competitiveness Institute - Lee Kwan Yew School Of Public Policy,

Pemain) Sumatera Barat

Gál, A. N. (2010). Competitiveness of small and medium sized enterprises – a possible analytical framework. Diunduh tanggal 12 April 2012 dari

http://heja.szif.hu/ECO/ ECO-100115-A/eco100115a.pdf.

Pearce dan Robinson, 2008, Manajemen Strategis, edisi 10, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Roscoe. (1982). Research Methods For Business. Dalam: Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Penerbit Alfabeta.

Sri Susilo, Y., (2007a), “Pertumbuhan Usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Faktor-faktor yang mempengaruhinyaâ€, Eksekutif, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2007, Hal. 306 – 313.

Sugiyono. (2011). Teknik pengambilan sampel pada dasarnya dikelompokkan menjadi dua yaitu Probability Sampling dan Non-probability sampling.

Yunita Resmi sari, dkk. (2015), Pemetaan dan Strategi Peningkatan Daya saing UMKM dalam Menghadapi MEA 2015 dan Pasca MEA 2025, Working paper dari Bank Indonesia.

http://malangkota.go.id/wp-content/uploads/2016/04/LAKIP-KOTA-MALANGTAHUN-2015-fix.pdf, LAKIP Pemerintah Kota Malang.

http://diskopumkm.jatimprov.go.id/viewmedia.php?pages=content&id=57&bidang=, Data UMKM, Jumlah UMKM dan tenaga kerja di Provinsi Jawa

Timur.

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship