PENGUASAAN KOSA KATA PADA ANAK AUTIS MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL (GAMBAR)
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.627Keywords:
penguasaan kosakata, visual mediaAbstract
Interaksi dan komunikasi adalah salah satu modal bagi seseorang untuk memperoleh berbagai informasi melalui lingkungan. Lingkungan hingga saat ini diyakini sebagai sumber yang sangat berpengaruh untuk pembangunan. Salah satunya adalah anak autis yang memiliki masalah besar dalam komunikasi dan bahasa, sehingga kosa kata yang didapat terbatas. Oleh karena itu pembelajaran bahasa untuk anak-anak autis memiliki posisi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata menggunakan media visual (gambar) pada anak autis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan media visual, subjek penelitian ini adalah 5 anak autistik di PAUD Mandiri Anggrek di Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak autis dapat memahami beberapa kosakata dengan media visual (gambar) dan tampaknya ada perubahan komunikasi yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa media visual (gambar) dalam kegiatan pembelajaran kosakata memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata anak-anak autistik, terutama dalam hal pemahaman kata.References
Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Yogyakarta:Diva Press.
Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita Suatu Pengantar Dalam Pendidikan Inklusi (Child With Developmental Impairment). Bandung:Refika Aditama
Daryanto. (1993). Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Tarsito Bandung.
Delphie, bandi. (2009). Pendidikan anak autistik. Sleman: Intan sejati klaten.
Danuatmaja, bonny. (2003). Terapi anak autis di rumah. Jakarta: Puspa swara.
Fadhli, Aulia. (2010(. Koleksi Games Seru dan Kreativ untuk Meningkatkan IQ dan ESQ. Yogyakarta : Pustaka Marwa
Hartati, S.C.Y. dkk. (2012.) Permainan Kecil (Cara efektif mengembangkan fisik, motorik, keterampilan sosial dan emosional). Malang: Wineka Media
Fadjar, A. M. (2008). PoligamidanKonstitusi. JurnalKonstitusi, 4(4), 2-15.
Alfaris, M. R. dkk. (2017). Dukungan Sosial dan Aksesibilitas Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi Berorientasi Masa Depan dan Kontinuitas, Prosiding Praktik Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas, hlm. 97-103. Malang: Media Nusa Creative