UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI

Siti Saudah

Abstract

Banyak lulusan sarjana yang memiliki nilai/IPK tinggi, pandai dan cerdas, tetapi sayangnya tidak semua diantara mereka memiliki perilaku cerdas dan mental kepribadian yang baik. Melihat permasalahan-permasalahan tersebut maka melalui makalah ini peneliti mencoba mengembangkan karakter anak melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menumbuhkembangkan karakter mahasiswa yaitu: berfikir logis, mampu mengambil keputusan, komunikatif serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian adalah Menggali dan mengkaji informasi tentang pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan UKM di kampus yang dilaksanakan di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan
reduksi data, deskripsi, interpretasi. Hasil penelitian: (1) Olah Hati karakter yang dikembangkan adalah peduli sosial dan lingkungan, disiplin, tanggung jawab, religius. (2) Olah Pikir karakter yang dikembangkan adalah mandiri, cinta ilmu, Jujur, gemar membaca, berpikir logis dan kritis, komunikatif, menghargai keberagaman, disiplin, tanggung jawab. (3) Olah Raga karakter yang dihasilkan adalah kerja keras, kerjasama, disiplin, jujur, percaya diri, sportifitas, tanggung jawab, kekeluargaan. (4) Olah Rasa dan Karsa karakter yang dihasilkan adalah mengharagai karya orang lain, kreatifitas, mandiri, tanggung jawab, jujur, cinta tanah air, cinta teknologi.

Keywords

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM);Karakter

Full Text:

PDF

References

Aunillah, N.L. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah Yogyakarta: Laksana

Buku Panduan Akademik. (2015). Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Desain Induk Pendidikan Karakter tahun 2010.

Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti. ( 2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter, Tahun Anggaran 2010. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Harefa, A. (2013). Menjemput Keberuntungan.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prasetyo, Y. (2010). Pengembangan Ekstrakurikuler Panahan Di Sekolah sebagai Wahana Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmai Indonesia. 7(2), 64-68.

Pusat Bahasa Deartemen Pendiidkan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional, (http://www.google.com/UUSindiknas), diakses pada 15 April 2018

Statuta IST AKPRIND Yogyakarta tahun 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.